LESTARI, SUCI (2018) PENGARUH METODE PRAKTIKUM TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IX PADA MATERI BIOTEKNOLOGIDI MTs AULIA CENDEKIA PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
BAB I.pdf Download (352kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (85kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berjudul Pengaruh Metode Prakrikum terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IX pada Materi Bioteknologi Di MTs Aulia Cendekia Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Metode Praktikum dan Pengaruhnya Terhadap Pengaruh Motivasi Belajar Siswa pada Materi Bioteknologi di MTs Aulia Cendekia Palembang. Desain penelitian ini menggunakan Nonequivalent Control Group Design dengan metode Eksperimen semu (quasi eksperiment). Sampel penelitian ini berjumlah 70 siswa. Berdasarkan hasil analisis motivasi belajar siswa menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran menggunkan metode Praktikum lebih baik dari pada pembelajaran konvensional (metode diskusi). Hal ini dapat dilihat dari perhitungan uji hipotesis dengan (uji-t) menunjukan sebesar 8,992>1,995, artinya thitung lebih besar dari ttabel maka Ha diterima dan H0 ditolak. Hasil analisis peningkatan rata-rata ketuntasan indikator motivasi belajar siswa kelas eksperimen mencapai 85% sedangkan indikator motivasi belajar siswa kelas kontrol mencapai 77% artinya motivasi belajar siswa kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Maka, dapat ditarik kesimpulan bahwa metode Praktikum berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa di MTs Aulia Cendekia Palembang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Praktikum; Motivasi Belajar Siswa |
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | fakultas tarbiyah dan keguruan |
Date Deposited: | 09 Jan 2020 04:12 |
Last Modified: | 09 Jan 2020 04:12 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5464 |
Actions (login required)
View Item |