SARIYONO, SARIYONO (2020) PERAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PAEDAGOGIK GURU DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI (MIN) PANDAN AGUNG KABUPATEN OKU TIMUR. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Raden Fatah.
|
Text
Caver.pdf Download (45kB) | Preview |
|
|
Text
Sariyono 1.pdf Download (152kB) | Preview |
|
|
Text
Sariyono 2.pdf Download (225kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Kompetensi guru merupakan permasalahan pendidikan di Indonesia yang masuk dalam salah satu agenda penting dan hangat diperbincangkan dalam beberapa tahun terahir ini, sampai kemudian pemerintah bersama Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia mengesahkan Undang Undang Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Kompetensi guru yang dimaksud diatas, menjadi lebih penting untuk dibicarakan jika dikaitkan dengan Madrasah Ibtidaiyah sebagai institusi pendidikan yang sangat setrategis dalam meletakkan dasar dasar pendidikan, pengetahuan dan keterampilan pada anak. Mengingat fungsinya yang sangat strategis, maka institusi ini seyogyanya harus ditangani oleh guru-guru yang kompetens dalam bidangnya masing-masing. Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Pandan Agung Kecamatan Madang suku II Kabupaten OKU Timur merupakan salah satu Madrasah Ibtidaiyah yang kompetensi paedagogik gurunya masih rendah, dengan beberapa kendala yang dihadapi. Berdasarkan asumsi ini,maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian lebih lanjut dalam menguraikan persoalan yang dihadapi Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Pandan Agung dalam meningkatkan kompetensi paedagogik guru. Pokok masalah yang diajukan dalam penelitian ini : Bagaimana kompetensi Paedagogik guru MIN Pandan Agung? Bagaimana Peran Kepala Madrasah dalam meningkatkan kompetensi Paedagogik guru Madrasah Ibtidaiyah Negeri ( MIN Pandan Agung? Kajian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan diskritif analisis. Adapun tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kompetensi paedagogik guru Madrasah Ibtidaiyah Negeri ( MIN ) Pandan Agung Kecamatan Madang Suku II. Kemudian dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan kajian bagi pihak pengelola madrasah dalam merumuskan kebijakan atau panduan yang bermanfaat bagi pengembangan madrasah. Hasil penelitian dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan khazanah kepustakaan khususnya pengingkatan kompetensi guru. Alat pengumpul data yang digunakan adalah observasi, wawancara, studi dokumentasi dan angket. Adapun yang menjadi sumber data primer adalah kepala madrasah, Wakil kepala madrasah, guru, dan pegawai tata usaha. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil temuan dilapangan, maka penulis menyimpulkan bahwa: Pertama, Kompetensi Paedagogik guru-guru di Madrasah Ibtidaiyah Negeri ( MIN ) Pandan Agung Kecamatan Madang Suku II, belum sesuai dengan yang diharapkan. Dilihat dari pemahaman terhadap kurikulum dapat dikemukakan bahwa guru-guru MIN Pandan Agung masih belum memahami konsep dasar Kurikulum, dilihat dari nilai rata-rata dapat simpulkan bahwa pemahaman guru-guru tentang konsep dasar Kurikulum tidak sampai 1%. Kedua Kepala MadrasahIbtidaiyah Negeri ( MIN ) Pandan Agung belum banyak berperan dalam meningkatkan kompetensi Paedagogik guru. Dari aspek professional, kepala Madrasah Ibtidaiyah Negeri ( MIN ) Pandang Agung OKU Timur masih perlu ditingkatkan. Hal ini dapat dilihat dari rendahnya keterlibatan kepala madrasah dalam membantu guru dalam melakukan analisis kurikulum, analisis mata pelajaran, menentukan alternatif strategi mengajar, inovasi dan sosialisasi kurikulum. Begitu juga pada aspek kreativitas, dimana Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pandang Agung OKU Timur berjalan apa adanya dan bersifat rutinitas.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Depositing User: | PPS Pasca Sarjana |
Date Deposited: | 13 Jan 2020 07:30 |
Last Modified: | 13 Jan 2020 07:30 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5502 |
Actions (login required)
View Item |