EKA, KURNIA RODIATI (2020) PELAKSANAAN SENTRA AGAMA DALAM MENINGKATKAN KARAKTER ANAK USIA DINI DI PAUD AR-RAHMAN PALEMBANG. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Raden Fatah.
Text
COVER TESIS (1).pdf Restricted to Registered users only Download (60kB) |
|
Text
ISI Baru (1).pdf Restricted to Registered users only Download (271kB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian yang berjudul “Pelaksanaan Sentra Agama dalam Meningkatkan Karakter Anak Usia Dini Di PAUD Ar-Rahman Palembang”, bertujuan untuk menggambarkan : 1. Pelaksanaan sentra agama dalam meningkatkan karakter anak usia dini di PAUD Ar-Rahman Palembang, 2. Karakter anak usia dini di PAUD Ar-Rahman Palembang, 3. Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan sentra agama di PAUD Ar-Rahman Palembang. Adapun pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subyek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, siwa dan wali murid. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara. Sebagai instrumen utama dalam penelitian ini, peneliti dibantu oleh pertanyaan penelitian berupa pedoman wawancara dan dokumentasi. Adapun tahapan pengumpulan data adalah menggunakan tahapan reduksi data, tahap display data dan kesimpulan. Untuk keabsahan hasil dari penelitian ini peneliti menggunakan teknik triangulasi, yaitu teknik pemeriksaan keabsahan data yang memanfaatkan sesuatu yang lain di luar data itu untuk keperluan pengecekan atau sebagai pembanding terhadap data itu. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa: 1. Tahapan pendekatan pelaksanaan pembelajaran sentra agama di PAUD Ar-Rahman Palembang dilakukan dengan tiga tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. 2. Karakter anak usia dini di PAUD Ar-Rahman Palembang sama seperti karakter anak usia dini pada umumnya yang masih suka bermain dan sesuia dengan tahapan tumbuh kembang anak usia dini. Adapun yang membedakannya adalah faktor bawaan dan pola asuh di lingkungan keluarga. Namun diharapakan dengan pelaksanaan sentra agama di PAUD Ar-Rahman Palembang diharapakn dapat meningkatkan karakter anak usia dini. Dimulai dari teladan yang baik dari guru dan penanaman nilai-nilai moral dan agama. 3. Faktor pendukung dan penghambat diantaranya dukungan kepala sekolah selaku pemimpin lembaga yang selalu memberi motivasi dan masukan kepada guru agar pelaksanaan sentra agama di PAUD Ar-Rahman berjalan dengan baik serta kesiapan guru dalam membuat perangkat pembelajarn berupa SKH atau SKM serta pelaksanaan yang sesuai berdasarkan pedoman pelaksanaan pembelajaran sentra diharapakan hasilnya akan optimal. Adapun faktor penghambatnya biasanya datang dari siswa yang mana mengingat dari segi usia yang masih sangat dini sekitar 3-6 tahun yang mana pada masa ini anak lebih senang bermain daripada belajar. Alat permainan edukatif yang jumlahnya masih terbatas sehingga siswa harus bergantian menggunakannya serta ruangan kelas yang tidak terlalu besar merupakan suatu kendala yang ada pada saat pelaksanaan sentra agama ini.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Depositing User: | PPS Pasca Sarjana |
Date Deposited: | 13 Jan 2020 07:30 |
Last Modified: | 25 May 2022 04:16 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5541 |
Actions (login required)
View Item |