PENGARUH METODE SOSIODRAMA TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI PAYARAMAN

MANDALA, HENDRA DWI SAFLI (2019) PENGARUH METODE SOSIODRAMA TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI PAYARAMAN. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Pengaruh Metode Sosiodrama Terhadap Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas V di MIN Payaraman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa melalui butir-butir soal yang diujikan. Permasalahan yang sering muncul pada mata pelajaran SKI adalah siswa mudah bosan dalam belajar sehingga pemahaman siswa terhadap pembelajaran SKI rendah. Dalam menangani masalah tersebut maka peneliti menerapkan metode sosiodrama dalam pembelajaran SKI. Sehingga Rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah sebagai berikut, bagaimana penerapan metode sosiodrama pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam? Bagaimana pemahaman siswa kelas eksprimen dan kelas kontrol dalam mata pelajran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas V di MIN Payaraman? Adakah pengaruh metode sosiodrama terhadap pemahaman siswa kelas eksprimen dan kelas kontrol di MIN Payaraman. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksprimen dengan pendekatan kuantitatif. Bentuk desain Trueexprimentar dalam bentuk Posttest-only control design. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara Sampling Porposive. Dalam memperoleh data penulis menggunakan observasi, metode tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian tersebut menunjukkan terdapat pengaruh penerapan metode sosiodrama pada mata pelajaran SKI terhadap pemahaman siswa. Persetase hasil pemahaman siswa kelas eksprimen yang menggunakan metode sosiodrama dengan katagori tinggi ada 5 orang siswa (15 %), yang mendapatkan kategori sedang sedang berjumlah 11 orang siswa (75 %), serta mendapat nilai rendah 3 orang (10 %). Hasil pemahaman siswa kelas kontrol yang tidak menggunakan metode sosiodrama yang berkategori tinggi berjumlah 1 orang siswa (5 %), yang mendapat kategori sedang berjumlah 6 orang siswa (15 %), serta yang mendapat kategori rendah berjumlah 13 orang siswa (80 %).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: metode sosiodrama pemahaman siswa
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 13 Jan 2020 06:34
Last Modified: 13 Jan 2020 06:34
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5559

Actions (login required)

View Item View Item