ADELLA, TRULY (2019) PENGARUH METODE BERMAIN PERAN TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V DI MI NURUL QOMAR PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
BAB I .pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V .pdf Download (66kB) | Preview |
Abstract
Berbicara merupakan salah satu aspek kemampuan berbahasa yang berfungsi untuk menyampaikan informasi pada orang lain. bermain peran merupakan salah satu jenis bermain aktif, diartikan sebagai pemberian atribut tertentu terhadap benda, situasi, dan anak memerankan tokoh yang ia pilih. Apa yang dilakukan anak melibatkan penggunaan bahasa yang dapat diamati dalam tingkah laku yang nyata. Dengan menggunakan metode bermain peran diharapkan dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa Permasalah dalam penelitian ini adalah bagaimana keterampilan berbicara siswa sebelum menerapkan metode bermain peran, bagaimana keterampilan berbicara siswa sesudah menerapkan metode bermain peran, dan adakah pengaruh metode bermain peran terhadap keterampilan berbicara siswa di kelas V pada mata pelajaran bahasa Indonesia di MI Nurul Qomar Palembang. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keterampilan berbicara siswa sebelum menerapkan metode bermain peran, untuk mengetahui keterampilan berbicara setelah menerapkan metode bermain peran, dan untuk mengetahui pengaruh metode bermain peran terhadap keterampila berbicara siswa kelas V pada mata pelajaran bahasa Indonesia di MI Nurul Qomar Palembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen one-group pre-test post-test design. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MI Nurul Qomar Palembang yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes (Pre-test dan Post-test), dan dokumentasi. Sumber data adalah siswa kelas V MI Nurul Qomar Palembang. Analisis data yang digunakan yaitu menggunakan rumus statitiska uji “t”. Hasil penelitiannya adalah sebagai berikut. Keterampilan berbicara siswa sebelum menggunakan metode bermain peran pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V di MI Nurul Qomar Palembang diperoleh nilai rata-rata yakni 48. Setelah menggunakan metode bermain peran, keterampilan berbicara siswa mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 76. Terdapat pengaruh yang signifikan berdasarkan hasil pre-test dan post-test dapat diketahui bahwa keterampilan berbicara metode bermain peran dengan melihat pengaruh dengan uji t jika ttabel < thitung > ttabel atau 2,07 < 37,4 > 2,81, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari metode bermain peran terhadap keterampilan berbicara siswa kelas V pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode bermain peran berbicara |
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | fakultas tarbiyah dan keguruan |
Date Deposited: | 14 Jan 2020 06:51 |
Last Modified: | 14 Jan 2020 06:51 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5587 |
Actions (login required)
View Item |