PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MULTILITERASI UNTUK MENGETAHUI KETERAMPILAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS X MA PATRA MANDIRI PALEMBANG

MELANI, RA. HUSSNA MERRY (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MULTILITERASI UNTUK MENGETAHUI KETERAMPILAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS X MA PATRA MANDIRI PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
(2) Bab 1.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
(6) Bab 5.pdf

Download (21kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan komunikasi matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran multiliterasi. jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan desain pre-experimental designs (nondesigns) dengan bentuk one-group pretest-posttest design. Populasi yang digunakan adalah seluruh kelas X di MA Patra Mandiri Palembang yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 165 siswa. Dari lima kelas populasi diambil satu kelas yang dijadikan sampel yaitu kelas X.C dengan jumlah siswa sebanyak 35 orang siswa sebagai kelas eksperimen dan tidak ada kelas kontrol dengan penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini dilaksanakan selama lima kali pertemuan di kelas eksperimen. Pertemuan pertama diukur dengan pre-test untuk mengetahui keterampilan awal komunikasi matematis siswa dalam bentuk tertulis, pertemuan kedua, ketiga, dan keempat diberikan perlakuan berupa model pembelajaran multiliterasi diukur dengan lembar observasi untuk mengetahui keterampilan komunikasi matematis siswa selama proses pembelajaran, kemudian pertemuan kelima diukur dengan post-test untuk mengetahui keterampilan akhir komunikasi matematis siswa dalam bentuk tertulis. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan maka dapat disimpulkan keterampilan komunikasi matematis siswa selama proses pembelajaran didapat rata-rata persentase sebesar 63,69% ternasuk dalam kategori baik. Sedangkan dilihat dari data tes yaitu untuk Pre-test masih rendah karena hanya 1 orang siswa saja yang mendapatkan nilai baik, sedangkan untuk post-test tinggi karena sudah banyak siswa mendapatkan nilai baik artinya ada hubungan model pembelajaran multiliterasi terhadap komunikasi matematis siswa di kelas X MA Patra Mandiri Palembang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran multiliterasi komunikasi matematis siswa
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 14 Jan 2020 08:42
Last Modified: 14 Jan 2020 08:42
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5621

Actions (login required)

View Item View Item