PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 3 PALEMBANG

LESTARI, SRI LESTARI (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 3 PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (146kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap minat dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Fisika. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain Quasi Experimental Design penelitian ini dilakukan pretest-postest dan angket. Prosedur dalam penelitian ini meliputi: persiapan, validasi, pemberian perlakuan, pretest dan postest dan analisis data. Penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI IPA 7 kelas eskperimen dan kelas XI IPA 8 kelas kontrol. Pretest-postest yang digunakan untuk mengukur hasil belajar menggunakan berupa tes pilihan ganda 20 soal sedangkan minat diukur dengan angket 30 pernyataan. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata nilai postest hasil belajar untu kelas kontrol 77,77 dengan ketuntasan klasikal sebesar 80% sedangkan rata-rata untuk kelas eksperimen dengan ketuntasan klasikal 100%. Hasil penelitian untuk minat menunjukkan hasil bahwa rata-rata minat peserta didik penelitian untuk minat menunjukan hasil bahwa rata-rata minat peserta didik kelas kontrol 79 dan kelas eksperimen 84,75 dengan kategori sangat tinggi. Hasil uji hipotesis yang diperoleh thitung<ttabel dengan nilai thitung= 38,19 dan ttabel= 2,032 hal ini menunjukkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima yaitu pembelajaran inkuiri terbimbing memberikan pengaruh yang positif terhadap hasil belajar dan minat belajar peserta didik kelas XI IPA SMA 3 Negeri Palembang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 14 Jan 2020 08:43
Last Modified: 14 Jan 2020 08:43
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5624

Actions (login required)

View Item View Item