PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERBASIS MULTIMUDUS REPRESENTASI

SALMI, LAILA (2019) PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERBASIS MULTIMUDUS REPRESENTASI. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB I.docx

Download (28kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (22kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul fisika berbasis multimodus representasi pada materi kesetimbangan benda tegar yang valid dan menarik untuk guru dan siswa kelas XI IPA. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development). Prosedur penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah milik Borg and Gall terdiri dari 7 tahapan yang meliputi 1. Tahap pengumpulan informasi; 2. Tahap perencanaan; 3. Tahap pengembangan; dan 4. Tahap Validasi; 5. Revisi utama, 6.Uji kemenarikan; 7. Revisi Akhir. Tingkat kevalidan modul dinilai dari 1 orang guru fisika, 1 ahli materi, 1 ahli media, 1 ahli desain dan 1 ahli bahasa. Tingkat kemenarikan modul dinilai berdasarkan uji kemenarikan oleh 20 siswa. Validasi ahli materi adalah 87% dengan kriteria sangat valid, validasi ahli media adalah 85% dengan kriteria sangat valid, validasi ahli desain adalah 85% dengan kriteria sangat valid, validasi ahli bahasa adalah 93% dengan kriteria sangat valid, validasi oleh guru adalah 95% dengan kriteria sangat valid. Persentase hasil uji kemenarikan dari 20 siswa adalah 92% dengan kriteria sangat menarik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil uji coba terhadap modul fisika berbasis multimodus representasi pada materi kesetimbangan benda tegar sudah valid dan menarik digunakan oleh guru sebagai pegangan dalam mengajar maupun bagi siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 11 Palembang sebagai bahan ajar mata pelajaran Fisika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: modul fisika multimodus representasi
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 14 Jan 2020 08:44
Last Modified: 14 Jan 2020 08:44
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5628

Actions (login required)

View Item View Item