Hasbi, Hasbi (2020) PERAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATK AN MOTIVASI KINERJA GURU DI MAN 1 LUBUKLINGGAU. -. (Unpublished)
|
Text
Resume Tesis.pdf Download (294kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Kepala sekolah berperan penting dalam meningkatkan motivasi kerja guru. Hal ini tidak terlepas dari tanggung jawab kepala sekolah sebagai seorang pimpinan lembaga pendidikan. Keberhasilan sekolah merupakan keberhasilan kepala sekolah. Kunci utama kepala sekolah sebagai pemimpin yang efektif adalah dapat mempengaruhi dan menggerakkan guru untuk ikut berpartisipasi dalam setiap kegiatan sekolah guna mewujudkan visi dan misi sekolah. Namun demikian, di Madrasah Aliyah Negeri 1 masih terdapat beberapa guru yang kurang merespon tanggung jawab dan tugasnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi kerja guru dan peran kepala sekolah dalam meningkatkan motivasi kerja guru, serta faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi kepala sekolah dalam meningkatkan motivasi kerja di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Lubuklinggau Sumatera Selatan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi partisipan dan nonpartisipan, wawancara terstruktur dan dokumentasi. Adapun analisis data bersifat induktif yakni menganalisis dari data dan fakta yang ditemukan dalam penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi kerja guru di Madrasah Aliyah Negeri 1 tinggi. Hal ini dibuktikan dengan komitmen dan loyalitas guru yang bekerja dengan baik. Kondisi tersebut dapat dilihat dari aktivitas mereka dalam menjalankan tugas dan tanggung.jawabnya baik dalam proses belajar mengajar, kegiatan ekstrakurikuler, kepanitiaan, dan forum musyawarah guru. Selain itu guru-guru juga memiliki keinginan kuat untuk berprestasi, mandiri, dan selalu meningkatkan profesionalisme mereka dalam mengajar. Adapun peran kepala sekolah dalam peningkatan motivasi kerja guru di Madrasah Aliyah Negeri 1 meliputi perannya sebagai uswah (teladan) bagi mitra kerjanya dalam hal ini guru. Selain berperan sebagai uswah, kepala sekolah juga telah berperan sebagai fasilitator, supporter, partisipator, instruktor, dan mitra kerja bagi para guru yang telah banyak memberikan motivasi kerja pada guru-guru di Madrasah Aliyah Negeri 1. Dalam melaksanakan perannya sebagai motivator, kepala sekolah dihadapkan pada faktor pendukung dan penghambat. Faktor-faktor yang telah mendukung terciptanya motivasi kerja guru di Madrasah Aliyah Negeri 1 meliputi: keikhlasan guru dalam bekerja, kesejahteraan yang selalu ditingkatkan, dan pemberian penghargaan kepala sekolah terhadap guru-guru di Madrasah Aliyah Negeri 1. Sedangkan faktor penghambat dalam terciptanya motivasi kerja guru di Madrasah Aliyah Negeri 1 meliputi: sarana dan prasarana yang minim, kurangnya ketegasan kepala sekolah terhadap tindakan guru yang indisipliner, dan permasalahan pribadi.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Depositing User: | PPS Pasca Sarjana |
Date Deposited: | 15 Jan 2020 02:36 |
Last Modified: | 15 Jan 2020 02:36 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5640 |
Actions (login required)
View Item |