DEDI, SETIAWAN (2020) PROFESIONALISME GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN (Studi Kasus di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 50 Palembang). Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
1 COVER TESIS.pdf Download (98kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1 (10).pdf Download (189kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2 (9).pdf Download (253kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 5 (10).pdf Download (64kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini berjudul “Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menggunakan Media Pembelajaran (Studi Kasus di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMP) 50 Palembang)”, dengan latar belakang bahwa peran guru profesional dalam pendidikan sangat penting, karena guru adalah pelaksana bagi terciptanya aktivitas pendidikan atau proses pembelajaran yang merupakan inti dari pendidikan secara keseluruhan. Berkaitan dengan usaha menciptakan suasana kelas yang kondusif dalam pembelajaran, media pembelajaran mempunyai peranan yang sangat penting, karena media merupakan sarana yang dapat membantu proses penyampaian pesan materi pelajaran lebih cepat, kongkrit dan efisien. Apalagi mata pelajaran PAI yang bersifat normatif sudah seharusnya dikondisikan sedemikian rupa. Untuk itu diperlukan guru profesional, sehingga mampu menciptakan iklim yang kondusif, penyampaian materi yang efektif, pemilihan metode dan penggunaan media yang cocok. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: bagaimana ketersediaan media pembelajaran PAI di SMP Negeri 50 Palembang, bagaimana profesionalisme guru dalam penggunaan media pembelajaran PAI di SMP Negeri 50 Palembang, apa saja upaya untuk meningkatkan profesionalisme guru dalam penggunaan media pembelajaran PAI di SMP Negeri 50 Palembang, apa saja faktor penghambat dalam penggunaan media pembelajaran PAI di SMP Negeri 50 Palembang. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan jenis penelitian yang digunakan, yaitu penelitian kualitatif, dengan pendekatan deskriptif analisis. Adapun sumber data utama dalam penelitian ini adalah guru PAI berjumlah 4 orang, sumber data lain yaitu kepala sekolah dan wakasek kurikulum. Teknik pengumpulan data melalui teknik wawancara, observasi (pengamatan), dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan, dapat disimpulkan : pertama, ketersediaan media pembelajaran yang digunakan oleh guru PAI di SMP Negeri 50 Palembang, sudah cukup bervariatif dalam menunjang pemahaman siswa terhadap materi pelajaran, walaupun ada beberapa media pembelajaran PAI yang belum dapat dipenuhi dalam proses pembelajaran. Kedua, profesionalisme guru PAI di SMP Negeri 50 Palembang dalam penggunaan media pembelajaran, sudah cukup baik. Hal itu dapat dilihat, dari kemampuan guru dalam memilih media yang telah disesuaikan dengan materi yang akan disampaikan serta tujuan pembelajaran, mempersiapkan, serta menggunakannya dalam proses pembelajaran, walaupun ada beberapa materi (kompetensi dasar), guru hanya menggunakan media cetak, yaitu buku paket saja. Ketiga, upaya sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru dalam penggunaan media pembelajaran PAI di SMP Negeri 50 Palembang, sudah cukup aktif dalam mengadakan kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan taraf profesionalitas guru di dalam lembaganya. Begitu juga guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) sering mengikuti pelatihan-pelatihan yang diadakan oleh intren sekolah maupun ekstren sekolah. Keempat, faktor penghambat dalam penggunaan media pembelajaran PAI di SMP Negeri 50 Palembang, di antaranya yaitu : (1) terbatasnya ketersediaan media pembelajaran di lingkungan sekitar, (2) minimnya alokasi waktu pembelajaran PAI, dan (3) penggunaan media pembelajaran yang belum sepenuhnya maksimal, seperti penggunaan media berbasis teknologi pada pembelajaran PAI. Berikut saran penulis, diharapkan guru PAI lebih memaksimalkan kemampuan profesionalisme diri sebagai pendidik dalam penciptaan/pengadaan dan penggunaan media pembelajaran yang berada disekitar, khususnya pada mata pelajaran PAI. Kemudian kepada pihak sekolah yang bertanggungjawab yaitu kepala sekolah dan pengawas sekolah hendaknya lebih intensif lagi dalam mengawasi atau mengevaluasi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi, khususnya penerapan atau penggunaan alat/media pendidikan yang digunakan oleh guru PAI.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (S2) TH. 2014 |
Subjects: | ?? L1 ?? |
Depositing User: | PPS Pasca Sarjana |
Date Deposited: | 15 Jan 2020 03:53 |
Last Modified: | 15 Jan 2020 03:53 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5643 |
Actions (login required)
View Item |