SULASTRI, ERLA (2018) PENERAPAN METODE DISCOVERY LEARNING UNTUK MELIHAT KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) AL-IKHLAS KEBAN II (MUBA). Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
BAB I.pdf Download (226kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (7kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode discovery terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di MTs Al-Ikhlas Keban II (MUBA). Penelitian dilaksanakan di MTs Al-Ikhlas Keban II (MUBA) tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan rancangan posttest only control design, populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas VIII yang ada yang terdiri dari dua kelas dengan jumlah siswa 60 siswa. Penelitian ini mengambil dua kelas sebagai sampel yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu kelas VIII. B dengan jumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas VIII. A berjumlah 30 siswa sebagai kelas ekprimen. Penelitian itu dilaksanakan sebanyak empat kali pertemuan. Pertemuan pertama sampai ketiga kelas eksprimen diberi perlakuan metode discovery dan kelas kontrol diberi perlakuan metode ceramah. Pada pertemuan keempat, kedua kelas diberi posttest untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran matematika. Hal ini menunjukkan bahwa Ha diterima, artinya terdapat pengaruh metode Discovery terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di MTs Al-Ikhlas Keban II (MUBA). Maka dapat dilihat dari siswa yang mampu berpikir kritis siswa 56,67% dan siswa yang tidak mampu berkemampuan berpikir kritis siswa sebanyak 6,67%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode discovery kemampuan berpikir kritis siswa |
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | fakultas tarbiyah dan keguruan |
Date Deposited: | 15 Jan 2020 06:41 |
Last Modified: | 15 Jan 2020 06:41 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5656 |
Actions (login required)
View Item |