PRATAMA, BOBBY (2019) PENGARUH METODE DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN ANALOGI INDUKTIF MATEMATIS PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP NEGERI 45 PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
BAB I.pdf Download (234kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (222kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian true eksperimental design dengan bentuk randomized subjects posttest only control group design yang bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidak terdapat pengaruh metode discovery learning terhadap kemampuan penalaran analogi induktif matematis pada pembelajaran matematika di SMP Negeri 45 Palembang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas IX yang ada di SMP Negeri 45 Palembang tahun ajaran 2018/2019 yang terdiri dari 7 kelas dengan jumlah siswa 224 siswa. Dari data populasi diambil sampel dengan menggunakan penentuan sampel teknik cluster sampling didapatkan dua kelas sampel yaitu kelas IX.5 dengan jumlah 32 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IX.6 berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan berupa tes yang berisi soal-soal matematika yang telah disesuaikan dengan indikator penalaran analogi matematis. Tes dilaksanakan sesudah menggunakan metode discovery learning. Berdasarkan hasil analisis data di dapat hasil kemampuan penalaran analogi induktif matematis yakni kelas eksperimen = 67,29 dan kelas kontrol = 36,42 dan untuk t_hitung=15,28> t_tabel=2,006 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh metode discovery learning terhadap kemampuan penalaran analogi induktif matematis pada pembelajaran matematika di SMP Negeri 45 Palembang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | discovery learning kemampuan penalaran analogi |
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | fakultas tarbiyah dan keguruan |
Date Deposited: | 16 Jan 2020 04:16 |
Last Modified: | 16 Jan 2020 04:16 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5733 |
Actions (login required)
View Item |