PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPA DALAM PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INTRUCTION DI MADRASAH IBTIDAIYAH DAARUL AITAM PALEMBANG

MELLENI, MELLENI (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPA DALAM PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INTRUCTION DI MADRASAH IBTIDAIYAH DAARUL AITAM PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V .pdf

Download (75kB) | Preview

Abstract

Dalam proses pembelajaran agar dapat tercapai tujuan pembelajaran salah satunya yaitu dapat dilihat dari hasil belajar siswa. Permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran IPA pada umumnya adalah hasil belajar siswa kurang dari Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), karena dalam proses pembelajaran IPA di Madrasah masih menggunakan model pembelajaran yang kurang menarik perhatian belajar siswa dan pembelajaran masih berpusat pada guru tanpa adanya model pembelajaran yang lebih variatif. Untuk mengatasi masalah tersebut maka peneliti akan menerapkan model Explicit Intruction, yang merupakan suatu model pembelajaran yang khusus dirancang untuk mengembangkan belajar siswa tentang pengetahuan yang prosedural dan pengetahuan deklaratif yang dapat diajarkan dengan pola selangkah demi selangkah. Rumusan masalah dalam penelitian ini. Bagaimana hasil belajar siswa kelas Eksperimen yang menerapkan model pembelajaran Explicit Intruction pada mata pelajaran IPA kelas IV di Madrasah Itidaiyah Daarul Aitam Palembang ?. Bagaimana hasil belajar siswa kelas Kontrol yang tidak menerapkan model pembelajaran Explicit Intruction pada mata pelajaran IPA kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Daarul Aitam Palembang ?.Adakah perbedaan hasil belajar siswa kelas Eksperimen yang menerapkan model pembelajaran Explicit Itruction dan hasil belajar siswa kelas kontrol yang tidak menerapkan model pembelajaran Explicit Intruction pada mata pelajaran IPA kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Daarul Aitam Palembang ? Skripsi ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif yang menekankan pada suatu penelitian yang benar-benar dilakukan. Adapun sampel dalam penelitian ini mengambil 2 kelas untuk dijadikan sampel yaitu kelas IVB sebagai kelas eksperimen dan kelas IVA sebagai kelas kontrol, yang masing-masing kelas berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes (post-test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol). Untuk tes analisa data penulis menggunakan analisa uji “T” dan TSR. Berdasarkan analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas IVB (kelas eksperimen) yang menerapkan model Explicit Intruction tergolong tinggi dengan presentase 35%, tergolong sedang dengan presentase 42%, dan tergolong rendah dengan presentase 23%. Hal ini dapat dilihat dari nilai hasil post-test. Sedangkan hasil belajar siswa kelas IVA (kelas kontrol) yang tidak menerapkan model Explicit Intruction tergolong tinggi dengan presentase 12%, tergolong sedang dengan presentase 23%, dan tergolong rendah dengan presentase 65%. Hal ini dapat dilihat dari nilai hasil post-test. Dapat dilihat dari hasil uji “T” yang besarnya diperoleh dalam perhitungan (to = 7.6) sedangkan besarnya t yang tercantum pada tabel t (tt.ts.5% = 2.00) dan (tt.ts.1% = 2.65). dengan rincian 2.00 < 7.6> 2.65. maka Hipotesis Nihil (Ho) yang diajukan ditolak. Ini berarti bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa kelas eksperimen yang menerapkan model Explicit Intruction dan hasil belajar siswa kelas kontrol yang tidak menerapkan model Explicit Intruction.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: PELAJARAN IPA MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INTRUCTION
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 17 Jan 2020 04:39
Last Modified: 17 Jan 2020 04:39
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5797

Actions (login required)

View Item View Item