SRIWAHYUNI, ATIKA (2019) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA DI MI AL-ADLI PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
BAB I.pdf Download (174kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (92kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa masih banyak siswa SD/MI yang kurang menyadari akan pentingnya membaca, siswa kurang minat membaca pelajaran yang dipelajari. Hal ini akan berdampak menurunnya minat baca siswa SD/MI, sehingga minat baca siswa menjadi rendah. Oleh sebab itu perlu adanya suatu strategi yang tepat dan sesuai dari guru dalam meningkatkan minat baca siswa. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah : (1) bagaimana minat baca siswa di perpustakaan MI Al-Adli Palembang? (2) bagaimana strategi guru dalam meningkatkan minat baca siswa di MI Al-Adli Palembang? (3) apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat guru dalam meningkatkan minat baca siswa di MI Al-Adli Palembang? Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian di Madrasah Ibtidaiyah Al-Adli Palembang yang terletak di jalan Sukamaju, Kecamatan Sukarami Kota Palembang. Sumber data yang peneliti peroleh berasal dari kepala sekolah, guru, siswa dan juga dokumen madrasah. Metode yang digunakan oleh peneliti menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan: (1) Siswa kelas 1 dan kelas 2 MI Al-Adli Palembang ini minat bacanya masih rendah, dikarenakan siswa kelas 1 dan 2 ini masih dalam tahap pengenalan huruf. Dilihat dari kunjungan siswa ke perpustakaan sekolah juga pada kelas rendah yaitu kelas 1 dan 2. Siswa kelas 1 dan kelas 2 masih kurang tertarik datang ke perpustakaan dikarenakan masih minimnya buku-buku yang menarik perhatian siswa, seperti halnya buku-buku bergambar, cerita dongeng, komik, dan lain-lain. (2) strategi yang dilakukan guru untuk meningkatkan minat baca siswa yaitu dengan memperkenalkan buku-buku kepada siswa, selain itu, strategi yang dapat di lakukan untuk meningkatkan minat baca siswa yaitu dengan memberikan motivasi/ arahan/ dorongan kepada peserta didik, dan strategi yang terakhir yaitu sebelum pelajaran di mulai, guru akan melakukan kegiatan tanya jawab. (3) Faktor pendukung : Adanya program madrasah yang mewajibkan siswa yang keluar atau tamat dari MI Al-Adli Palembang untuk menyumbangkan satu buah buku sebagai kenang-kenangan, adanya perpustakaan yang nyaman sebagai tempat membaca siswa, adanya buku pegangan siswa, buku guru, buku paket yang menunjang siswa untuk membaca dan memudahkan guru memberi tugas membaca, membuat pertanyaan yang jawabannya ada di buku paket tersebut. Faktor penghambat: Masih minimnya koleksi buku di perpustakaan, serta masih kurangnya kesadaran siswa akan pentingnya membaca buku.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | strategi guru minat baca. |
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | fakultas tarbiyah dan keguruan |
Date Deposited: | 22 Jan 2020 04:50 |
Last Modified: | 22 Jan 2020 04:50 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5984 |
Actions (login required)
View Item |