PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS VIII DI MADRASAH TSANAWIYAH NURUSSA’ADAH DESA ARISAN MUSI KECAMATAN MUARA BELIDA KABUPATEN MUARA ENIM

HAKIMIL, A. KAMIL (2017) PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS VIII DI MADRASAH TSANAWIYAH NURUSSA’ADAH DESA ARISAN MUSI KECAMATAN MUARA BELIDA KABUPATEN MUARA ENIM. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB-I-FIX.pdf

Download (548kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB-V-FIX.pdf

Download (77kB) | Preview

Abstract

Judul penelitian ini adalah “Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VIII Di Madrasah Tsanawiyah Nurussa’adah Desa Arisan Musi Kecamatan Muara Belida Kabupaten Muara Enim”. Penelitian ini dilatarbelakangi karena proses pembelajaran mata pelajaran SKI di Mts Nurussa’adah Desa Arisan Musi Kecamatan Muara Belida Kabupaten Muara Enim, masih belum profesional dalam menyampaikan materi sehingga terkadang siswa belum mengerti dengan pembahasan materi yang disampaikan. Untuk itulah peneliti ingin mengetahui pengaruh profesional guru terhadap hasil belajar siswa, yang diharapkan bisa membantu siswa memahami materi pembelajaran yang akan disampaikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh yang signifikan atau tidak, pada kompetensi profesional guru terhadap hasil belajar siswa yang di lakukan di kelas VIII Mts Nurussa’adah Desa Arisan Musi Kecamatan Muara Belida Kabupaten Muara Enim. Penelitian ini bersifat kualitatif dimana peneliti menggunakan angket untuk meneliti responden yang melibat tiga guru SKI dan hasil belajar siswa di kelas VIII Mts Nurussa’adah Desa Arisan Musi Kecamatan Muara Belida Kabupaten Muara Enim. Hasil penelitian ini yaitu hasil dari angket untuk guru SKI 0 (0%) responden termasuk kategori tinggi, 3 (100%) termasuk responden kategori sedang, dan 0 (0%) termasuk dalam kategori rendah. Jadi dapat disimpulkan bahwa kompetensi profesional guru di Mts Nurussa’adah Kecamatan Muara Belida dikategorikan sedang karena ada 3 (100%) responden yang menyatakan demikian. Sedangkan hasil belajar siswa 0 (0%) responden termasuk kategori tinggi, 2 (66,66%) termasuk responden kategori sedang, dan 1 (33,34%) termasuk dalam kategori rendah. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa di Mts Nurussa’adah Kecamatan Muara Belida dikategorikan sedang karena ada 2 (66,66%) dari hasil rata-rata raport kelas secara keseluruhan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat dikatakan tidak ada pengaruh yang signifikan antara kompetensi profesional guru terhadap hasil belajar siswa di Mts Nurussa’adah Desa Arisan Musi Kecamatan Muara Belida Muara Enim. Karena diketahui bahwa dengan df sebesar 1, pada taraf signifikan 5% di rt= (0,997) sedangkan pada taraf signifikan 1% diperoleh rt= (1,000). Ternyata rxy yang besarnya = -0,490 adalah lebih kecil dari rt (yang besarnya 0,997 dan 1.000) karena rxy lebih kecil dari rt maka hipotesis alternatif di tolak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: KOPETENSI FROFESIONAL GURU
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 23 Jan 2020 08:23
Last Modified: 23 Jan 2020 08:23
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6037

Actions (login required)

View Item View Item