HIDAYATI, RINI (2019) PENERAPAN METODE BUZZ GROUP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-ISLAM DI SMA MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
bab 1.pdf Download (473kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 5.pdf Download (7kB) | Preview |
Abstract
Latar belakang penelitian ini membahas tentang “Penerapan Metode Buzz Group Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Al Islam Di SMA Muhammadiyah 1 Palembang”. Metode buzz group sebagai metode pembelajaran bertujuan untuk memecahkan suatu masalah dalam pembelajaran peserta didik agar terciptanya suasana yang kondusif serta peserta didik pun dapat lebih mudah menangkap apa yang disampaikan oleh guru dengan menggunakan metode ini. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah: Bagaimana kemampuan berpikir kritis siswa sebelum penerapan metode buzz group di SMA Muhammadiyah 1 Palembang ? Bagaimana kemampuan berpikir kritis siswa sesudah penerapan metode buzz group di SMA Muhammadiyah 1 palembang? Apakah ada perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa sebelum dan sesudah penerapan metode buzz group di SMA Muhammadiyah 1 palembang? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis sebelum dan sesudah penerapan metode buzz group pada mata pelajaran Al-Islam di SMA Muhammadiyah 1 palembang. Penelitian ini adalah menggunakan penelitian kuantitatif, dengan populasi yang dipilih dari penelitian ini adalah seluruh kelas XI MIPA di SMA Muhammadiyah 1 Palembang yang berjumlah 217 siswa yang terdiri dari 7 rombel, dari jumlah populasi tersebut kelas XI MIPA1 dijadikan sebagai sampel yang berjumlah 31 siswa. Sumber data primer adalah yang diperoleh dari kepala sekolah, guru dan siswa yang menjadi sampel dalam penelitian ini sedangkan data sekunder adalah data yang diperoleh dari hasil tes, observasi dan dokumentasi sekolah yang berkaitan dengan masalah yang diteliti. Data diperoleh dengan menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik uji t. Hasil penelitian, dapat disimpulkan: Pertama, Kemampuan berpikir kritis siswa setelah diterapkan metode buzz group mata pelajaran Al-Islam tergolong tinggi. Dilihat dari perolehan nilai rata-rata (mean) yakni 85,96. Kedua, Kemampuan berpikir kritis siswa sebelum diterapkan metode buzz group mata pelajaran Al-Islam tergolong rendah. Dilihat dari perolehan nilai rata-rata (mean) yakni 55,32. Ketiga, Hipotesis Nihil yang menyatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil tes antara kemampuan berpikir kritis siswa setelah dan sebelum diterapkan metode buzz group mata pelajaran Al-Islam di SMA Muhammadiyah 1 Palembang tidak diterima/ditolak dan Hipotesis Alternatif (Ha) diterima. Dengan nilai t hitung sebesar 208,43. Pada t tabel taraf signifikan 5% t tabel atau Tt = 0,254, sedangkan pada taraf 1 % = 0,330.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode buzz group dan kemampuan berpikir kritis siswa. |
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | fakultas tarbiyah dan keguruan |
Date Deposited: | 27 Jan 2020 02:53 |
Last Modified: | 27 Jan 2020 02:53 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6067 |
Actions (login required)
View Item |