PENERAPAN METODE ROTE LEARNING DALAM ILMU TAJWID UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DI KELAS VIII MTS DARUSSALAM PRABUMULIH

SUGESTI, NURWIN (2019) PENERAPAN METODE ROTE LEARNING DALAM ILMU TAJWID UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DI KELAS VIII MTS DARUSSALAM PRABUMULIH. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
B. BAB I.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
F. BAB V.pdf

Download (98kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang bagaimana pengaruh penerapan metode Rote Learning dalam ilmu Tajwid untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an. Dan yang menjadi pokok rumusan masalahnya dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan membaca Al-Qur’an sebelum dan sesudah penerapan metode Rote Learning dalam limu tajwid di kelas VIII 1 MTs Darussalam prabumulih. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui adakah pengaruh sebelum dan sesudah penerapan metode Rote Learning dalam Ilmu Tajwid untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an dikelas VIII MTs Darussalam Prabumulih. Dan yang menjadi batasan masalah dalam penelitian ini adalah: Metode yang digunakan dalam pembelajaran adalah metode Rote Learning, Keberhasilan pembelajaran dilihat dari hasil pre-test dan post-test , Obyek yang diteliti dibatasi pada siswa-siswi kelas VIII 1 MTs Darussalam Prabumulih, Hukum tajwid yang dimaksud dalam penelitian ini hanya difokuskan pada hukum bacaan Nun mati atau tanwin dan makhraj-Nya. Jenis penelitian ini adalah “Pre Experimental Design“ dengan pendekatan kuantitatif, yang di analisis dengan data statistik yaitu mean, standar deviasi, TSR dan untuk menganalisis pengaruh antara variabel menggunakan rumus test “t”, Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, test lisan dan dokumentasi.Dengan populasi siswa MTs Darussalam Prabumulih yang berjumlah 117 siswa. Dan sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII 1 dengan Teknik pengambilan sampel sampling purposive sebanyak 25 siswa. Variabel bebas (X) dalam penelitian ini adalah penerapan metode Rote Learningdan variabel terikatnya (Y) yaitu kemampuan membaca Al-Qur’an. Hasil dari penelitian ini setelah di analisis dengan rumus menghitung, standar deviasi, TSR dan distribusi frekuensi terdapat pengaruh antara keberhasilan membaca Al-Qur’an siswa kelas VIII.1 MTs Darussalam Prabumulih sebelum dan sesudah diterapkannya metode Rote Learning pada mata pelajaran Tajwid. Hal ini dapat dilihat dari Uji Hipotesis yaitu t hitung sebesar 9,17 dan besarnya “t” yang tercantum pada tabel nilai t (tt.ts 5 % = 2,06 dan tt.ts 1 % = 2,80) maka dapat kita ketahui bahwa to adalah lebih besar pada tt yaitu: 2,06<9,17>2,80. Dengan demikian dari uji Hipotosis peneliti di atas dapat disimpulkan bahwa Ho yangdiajukan ditolak. Ini berarti Ha diterima, bahwa terdapat perbedaan signifikanantara sebelum dan sesudah penerapan metode Rote Learning.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: metode rote learning ilmu tajwid meningkatkan kemampuan membaca al-qur’an
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 27 Jan 2020 03:07
Last Modified: 27 Jan 2020 03:07
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6077

Actions (login required)

View Item View Item