WANDIRA, AYU (2018) KONSEP PENDIDIKAN ANAK DALAM KELUARGA BERDASARKAN AL-QUR’AN SURAH AL-ISRA’ AYAT 23-25 (TINJAUAN TERHADAP TAFSIR AL-MISBAH). Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
2. Bab 1.pdf Download (422kB) | Preview |
|
|
Text
6. Bab Kesimpulan dan Saran.pdf Download (140kB) | Preview |
Abstract
Pendidikan anak yang pertama dan paling utama dalam Islam adalah pendidikan dalam keluarga yang berperspektif Islam. Pendidikan dalam keluarga yang berperspektif Islam adalah pendidikan yang didasarkan pada tuntunan agama Islam yang diterapkan dalam keluarga yang dimaksudkan untuk membentuk anak agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta berakhlak mulia yang mencakup etika, moral, budi pekerti, spiritual atau pemahaman dan pengalaman nilainilai keagamaan dalam kehidupan sehari-hari. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini meliputi; 1) Bagaimana konsep pendidikan anak dalam keluarga berdasarkan Al-Qur’an surah Al-Isra’ ayat 23-25 menurut tafsir Al-Misbah?, 2) Bagaimana relevansi pendidikan anak dalam keluarga berdasarkan Al-Qur’an surah Al-Isra’ ayat 23-25 dalam tafsir Al-Misbah?. Sedangkan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui mengetahui konsep pendidikan anak dalam keluarga berdasarkan Al-Qur’an surah Al-Isra’ ayat 23-25 (Tinjauan terhadap Tafsir Al-Misbah). Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library reseach) yakni berusaha untuk menguraikan secara konseptual tentang berbagai hal yang berkaitan dengan konsep pendidikan anak dalam keluarga berdasarkan Al-Qur’an surah Al-Isra’ ayat 23-25 (Tinjauan terhadap tafsir Al-Misbah). Adapun metode pengumpulan data menggunakan metode riset pustaka dan metode analisis data menggunakan metode analisis deskriptif – komparatif. Metode riset pustaka adalah metode yang memanfaatkan sumber perpustakaan untuk memperoleh data. Dan Metode analisis deskriptif adalah metode yang dipakai untuk menganalisis data dengan mendeskripsikan atau menggambarkan data-data yang sudah dikumpulkan seadanya dari berbagai literatur, terutama yang berkaitan langsung dengan pokok bahasan, berupa buku, jurnal, majalah, koran, berbagai laporan dan jenis dokumen. Sedangkan metode komparatif yaitu metode atau cara penyimpulan yang diambil dengan membandingkan pendapat yang satu dengan yang lain. Kesimpulan dari penelitian ini adalah, pertama, konsep pendidikan anak dalam keluarga berdasarkan Al-Qur’an surah Al-Isra’ ayat 23-25 dalam tafsir Al-Misbah mencakup, 1) Pendidikan Tauhid, Allah mewajibkan hamba-hamba-Nya untuk mengesakan dan menyembah kepada-Nya. 2) Pendidikan Birrul Walidain, perintah berbuat baik kepada orang tua. Relevansi pendidikan anak dalam keluarga berdasarkan Al-Qur’an surah Al-Isra’ ayat 23-25 diantaranya: 1) Relevansi dengan tujuan pendidikan Islam, keluarga mempunyai peran dalam pembentukan akhlak dan kepribadian anak, oleh karena itu keluarga harus memberikan pendidikan atau mengajar anak tentang akhlak mulia atau baik. Hal itu tercermin dari sikap dan perilaku orang tua sebagai teladan yang dapat dicontoh oleh anak. 2) Relevansi dengan tugas dan tanggung jawab orang tua, Orang tua harus melindungi, menjamin, serta mendidik anak dengan berbagai ilmu pengetahuan dan keterampilan yang berguna bagi kehidupan masa depannya. 3) Relevansi dengan misi Islam membentuk generasi unggul, membentuk generasi yang berkepribadian Islam tentu membutuhkan pembekalan-pembekalan yang dapat mengarahkan pola pikir dan pola sikap berasaskan pada Islam.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | konsep pendidikan anak dalam keluarga al-qur’an surah al-isra’ ayat 23-25 tafsir al-misbah |
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | fakultas tarbiyah dan keguruan |
Date Deposited: | 29 Jan 2020 08:45 |
Last Modified: | 29 Jan 2020 08:45 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6126 |
Actions (login required)
View Item |