PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 10 PALEMBANG

NURHALIZA, NURHALIZA (2019) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 10 PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I .pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V .pdf

Download (56kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh dari penerapan pendekatan reciprocal teaching terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam. Jenis penelitian yang digunakak ialah penelitian eksperimen dengan teknik pengumpulan data yang dipakai ialah observasi yang dilakukan observer dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian yaitu kelas VIII. Sampel penelitian marupakan siswa kelas VIII2 dan VIII4 yang berjumlah 66 siswa dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik analisis data yaitu data yang telah diperoleh direkapitulasi, selanjutnya dianalisis dengan statistik mean, standar deviasi, rumus TSR, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis menggunakan uji T. Temuan dari observasi aktivitas belajar siswa kelas kontrol tergolong dalam kategori sedang dengan persentase 8 siswa (24,24%) dalam kategori tinggi, 20 siswa dalam kategori sedang ( 60,60%) dan 5 dalam kategori rendah (15,15%). Aktivitas belajar siswa kelas kelas eksperimen masih tergolong dalam kategori sedang tetapi mengalami peningkatan aktivitas belajar siswa dengan persentase 9 siswa (27,27 %) dalam kategori tinggi, 19 siswa dalam kategori sedang (57,57%) dan 5 siswa dalam kategori rendah (15,15%). Berdasarkan hasil uji t membuktikan bahwa hasil thitung lebih besar dari pada ttabel pada taraf signifikan 5% t_hitung=3,852 > t_(tabel )=1,668 maka Ho ditolak dan H_a diterima. Kesimpulannya bahwa terdapat pengaruh penerapan pendekatan reciprocal teaching terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 10 Palembang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: pendekatan reciprocal teaching aktivitas belajar pendidikan agama islam
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 30 Jan 2020 02:36
Last Modified: 30 Jan 2020 02:36
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6131

Actions (login required)

View Item View Item