STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN OMSET PENJUALAN (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF PADA KOPERASI KONSUMEN WARMART VETERAN UTAMA 212 MART PALEMBANG)

Parina, Elin (2020) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN OMSET PENJUALAN (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF PADA KOPERASI KONSUMEN WARMART VETERAN UTAMA 212 MART PALEMBANG). Diploma thesis, FISIP UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL ELIN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Aksi besar-besaran pada tanggal 2 Desember Tahun 2016 yang kemudian dikenal dengan peristiwa 212 aksi bela Islam, merupakan peristiwa yang melekat dalam ingatan umat Muslim. Aksi tersebut melahirkan ide dari alumninya untuk membangun perekonomian berwujud koperasi yang kemudian kini dikenal dengan Koperasi Syariah 212. Hadirnya 212 Mart membuat peneliti tertarik untuk membuat penelitian terkait strategi komunikasi pemasaran, mengingat 212 Mart merupakan pendatang baru di dunia ritel. Penelitian ini berjudul “Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Upaya Konsumen Warmart Veteran Utama 212 Mart Palembang)”. Penelitian ini bermaksud menjawab dua rumusan masalah yaitu, (1) bagaimana strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan 212 Mart yang ada di Kota Palembang dalam upaya meningkatkan omset penjualan? (2) faktor apa yang mendukung upaya peningkatan omset penjualan pada 212 Mart yang ada di Kota Palembang?. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan menggunakan beberapa informan untuk melakukan wawancara dan observasi. Sumber data yang digunakan adalah informasi dari pengamatan langsung ke lokasi penelitian dengan cara observasi dan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan 212 Mart Palembang adalah dengan menggunakan teori IMC (Integrated Marketing Communication) yang berisi pola periklanan, pemasaran langusng, hubungan masyarakat, event dan publisitas, personal selling, dan promosi penjualan, serta menggabungkan dengan teori Bauran Pemasaran 4P (Product, Price, Place, dan Promotion). Adapun yang menjadi faktor pendukung upaya peningkatan omset penjualan 212 Mart Kota Palembang adalah strategi promosi penjualan melalui personal selling.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 300 Ilmu Sosial (Umum)
Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Humanities
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaanfisip@radenfatah.ac.id
Date Deposited: 03 Feb 2020 01:34
Last Modified: 03 Feb 2020 01:34
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6169

Actions (login required)

View Item View Item