HUBUNGAN ANTARA HASIL BELAJAR MICRO TEACHING TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI MAHASISWA MAGANG III PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ANGKATAN 2015 TAHUN 2019/2020

HERAWATI, YOSI (2020) HUBUNGAN ANTARA HASIL BELAJAR MICRO TEACHING TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI MAHASISWA MAGANG III PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ANGKATAN 2015 TAHUN 2019/2020. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (146kB) | Preview

Abstract

Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) merupakan salah satu Program Studi dibawah naungan FITK UIN Raden Fatah yang bertujuan mendidik mahasiswa menjadi tenaga pengajar dan pendidik yang memiliki kemampuan akademik dan profesional, menjadi calon guru agama yang memiliki kemampuan dalam hal pengetahuan, sikap, keterampilan, dan nilai secara profesional. Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya kepercayaan diri mahasiswa sebagai calon pendidik yang ditunjukkan dengan perasaan grogi saat tampil di depan kelas, memiliki rasa malu yang berlebihan ketika menjadi pusat perhatian, masih takut untuk berhadapan dengan siswa sehingga tidak terjalin komunikasi yang baik saat pembelajaran. Peningkatan di bidang mutu calon tenaga pendidik di Prodi PAI dilakukan melalui micro teaching. Micro Teaching merupakan suatu kegiatan latihan belajar-mengajar bagi mahasiswa calon guru untuk mengembangkan kemampuan mengajar dan sebagai media latihan berinteraksi dengan peserta didik. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif yang bersifat expose facto yaitu mengukur kepercayaan diri mahasiswa yang telah melaksanakan magang III. Populasi nya adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Angkatan 2015 yang telah melaksanakan microteaching dan Magang III sebanyak 321 dan yang menjadi sampel 76 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Data penelitian dianalisis menggunakan statiistik inferensial dengan rumus Korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar micro teaching mahasiswa PAI angkatan 2015 termasuk dalam kategori sangat baik, yaitu dengan nilai rata-rata 83,63. Kepercayaan diri mahasiswa PAI angkatan 2015 termasuk dalam kategori sangat baik, yaitu dengan nilai rata-rata 84,6. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan rumus product moment dapat diketahui bahwa pada taraf 10% > yaitu 5,58 dan 1,66. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima yang menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara hasil belajar micro teaching terhadap kepercayaan diri mahasiswa magang III Program Studi Pendidikan Agama Islam Angkatan 2015 Tahun 2019/2020.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar micro teaching kepercayaan diri dan magang
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 05 Feb 2020 02:20
Last Modified: 05 Feb 2020 02:20
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6186

Actions (login required)

View Item View Item