MANAJEMEN KEPALA SEKSI PENDIDIKAN MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN MADRASAH DI KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN BANYUASIN

LELY, FITRIANI (2016) MANAJEMEN KEPALA SEKSI PENDIDIKAN MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN MADRASAH DI KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN BANYUASIN. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
LENGKAP OK.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Manajemen pendidikan merupakan alternatif strategis untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Hasil penelitian Balitbang-dikbud menunjukkan bahwa manajeman sekolah merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kualitas pendidikan. Madrasah sebagai lembaga pendidikan Islam dan bersifat formal telah berkembang lama. Madrasah ber-kembang lama dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Madrasah merupakan bagian integral dari sistem pendidikan nasional. Sebagian besar madrasah sampai saat ini berstatus swasta dan telah memberikan kontribusi terhadap pembangunan nasioanl terutama dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Kemudian peran Kementerian Agama Bidang Pendidikan Islam tidak dapat dianggap kecil. Oleh sebab itu peneliti mengkaji masalah Manajemen Kasi Pendidikan Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Madrasah di Kabupaten Banyuasin. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang manajemen Kasi Pendidikan Madrasah di Kementerian Agama Kabupaten Banyuasin Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang manajemen Kasi Pendidikan Madrasah di Kementerian Agama Kabupaten Banyuasin Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan triangulasi yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi yang berasal dari sumber primer dan sekunder, kemudian teknik analisis datanya dengan deskriptif kualitatif, yaitu memaparkan, menjelaskan, dan menguraikan setiap permasalahan kemudian dianalisis dengan content analisis yaitu focus pada permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian yaitu mengenai manajemen Kasi Pendidikan Madrasah di Kementrian Agama Kabupaten Banyuasin. Hasil penelitian dalam tulisan ini menjelaskan bahwaManajemen adalah serangkaian kegiatan merencanakan, mengorganisasikan, memotivasi, mengendalikan, dan mengembangkan segala upaya di dalam mengatur dan mendayagunakan sumber daya manusia, sarana dan prasarana untuk mencapai tujuan organisasi. Manajemen memiliki memiliki dimensi atau bersifat multi dimensial. Dimensi-dimensi tersebut adalah : (1) Dimensi Internal dan Eksternal (2) Dimensi Pendayagunaan Sumber-Sumber (3) Dimensi Keikutsertaan Manajemen Puncak (4) dimensi multi bidang. Kemudian manajemen peningkatan mutu di kasi Pendidikan Madrasah di Kementerian Agama Kabupaten Banyuasin Melaksanakan kebijakan di bidang kurikulum dan evaluasi pendidikan di setiap madrasah. Menyusun program kerja dibidang urusan kurikulum dan evaluasi seksi pendidikan madrasah setiap tahun. Menghimpun dan melakukan dokumentasi surat-surat yang berhubungan dengan supervisi dan evaluasi.Menyusun dan menyajikan kurikulum dan evaluasi pada madrasah Bersama dengan seksi kurikulum dan evaluasi bidang pendidikan madrasah islam kanwil kemenag melaksanakan monitoring dan evaluasi tugas-tugas pengawas. Melaksanakan evaluasi terhadap kinerja kepala madrasah negeri maupun swasta.Melakukan supervisi dan kurikulum melalui laporan bulanan tentang pelaksanaan tugas pengawas setiap bulan dan enyusun laporan bulanan, triwulan, semester dan tahunan du bidang kurikulum dan evaluasi

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: PRODI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM (S2) TH.2016
Subjects: ?? L1 ??
Depositing User: PPS Pasca Sarjana
Date Deposited: 10 Feb 2020 07:02
Last Modified: 10 Feb 2020 07:02
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6279

Actions (login required)

View Item View Item