“IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU BERBASIS MADRASAH (MPMBM) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI MADRASAH MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI MADRASAH ALIYAH AL-FATAH PALEMBANG

Saleh, Bina (2015) “IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU BERBASIS MADRASAH (MPMBM) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI MADRASAH MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI MADRASAH ALIYAH AL-FATAH PALEMBANG. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Backup of Backup of bab 1.pdf

Download (470kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Backup of Backup of Bab 2.pdf

Download (946kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Backup of Backup of Bab 5.pdf

Download (762kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Backup of Backup of PERSETUJUAN PEMBIMBING - Copy.pdf

Download (712kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Judul Tesis: IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU BERBASIS MADRASAH (MPMBM) DALAM MENINGKATAN PRESTASI MADRASAH MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI MADRASAH ALIYAH AL-FATAH (MAF) PALEMBANG Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan cara kepala Madrasah Aliyah Al-Fatah (MAF) Palembang melaksanakan perannya sebagai manajer dalam mengimplementasikan Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Madrasah (MPMBM) di dalam kegiatan ekstrakurikuler sebagai upaya meningkatan prestasi madrasah dan mengetahui faktor-faktor yang mendukung dan menghambat kepala Madrasah Aliyah Al-Fatah Palembang mengimplementasikan Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Madrasah (MPMBM). Penelitian ini dilakukan di Madrasah Aliyah Al-Fatah (MAF) Palembang selama kurang lebih delapan bulan dengan metode penelitian kualitatif dengan penelitian lapangan (field research) sebagai metode pengumpulan datanya. Dalam mengumpulkan datanya peneliti terlibat langsung dengan sumber datanya, baik data primer yang diperoleh dari kepala madrasah, wakil kepala madrasah, guru dan siswa dan data sekunder yang diperoleh dari dokumen, laporan, catatan dan karya ilmiah lainnya. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi yang dalam prosesnya dianalisis dengan model Miles dan Huberman yaitu; reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Agar data menjadi absah, maka data akan diperiksa dengan teknik triangulasi sumber dan triangulasi metode. Kemudian data dijelaskan dalam bentuk deskirptif kualitatif dengan menggunakan logika induktif. Dari hasil penelitian diketahui bahwa kepala Madrasah Aliyah Al-Fatah (MAF) Palembang mengimplementasikan Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Madrasah (MPMBM) dalam meningkatkan prestasi madrasahnya adalah melalui pemberdayaan kegiatan ekstrakurikuler dengan memfungsikan peran manajerialnya didalam mengolah dan memberdayakan semua sumber daya dan potensi yang dimiliki Madrasah Aliyah Al-Fatah (MAF) Palembang. Konsep Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Madrasah (MPMBM) yang diimplementasikan kepala Madrasah Aliyah Al-Fatah (MAF) Palembang sesuai dengan beberapa karakteristiknya yang ditandai dengan pemberian kewenangan kepada guru dalam proses belajar mengajar, mengutamakan musyawarah mufakat dan team work yang kompak dan transparan serta memfungsikan fungsi yang didesentralisasikan yang dalam hal ini adalah pelayanan siswa dengan memberikan pelayanan pengembangan potensi kepada siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler. Faktor-faktor pendukung secara internal (dalam madrasah); Kepemimpinan yang demokratis dan transparan serta team work yang kompak. Faktor-faktor eksternal; pemberian otonomi yang luas kepada madrasah, adanya kerja sama dengan lembaga lain dan adanya Bantuan Operasional Madrasah (BOM). Faktor-faktor penghambat secara internal; Kurang profesionalnya beberapa guru dalam melatih kegiatan ekstrakurikuler, kurangnya sarana dan prasarana dan pembentukkan regenerasi siswa yang berbeda. Dan dua faktor eksternal; kurangnya partisipasi masyarakat dan munculnya madrasah yang lebih lengkap dan strategis.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: PRODI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM (S2) TH. 2015
Subjects: ?? L1 ??
Depositing User: PPS Pasca Sarjana
Date Deposited: 11 Feb 2020 03:20
Last Modified: 11 Feb 2020 03:20
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6289

Actions (login required)

View Item View Item