Gustahartati, MILA (2010) STRATEGI DAN KAMPANYE PARTAI KEADILAN SEJAHTERA PADA PEMILU 2004 DI KOTA PALEMBANG. Masters thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
MILA.pdf Download (436kB) | Preview |
Abstract
Penelitian yang berjudul “ Strategi Kampanye PKS Pada Pemilu 2004 di Kota Palembang “ ini dilatarbelakangi oleh munculnya suatu fenomena baru dalam kancah perpolitikan Indonesia, dengan hadirnya Partai Keadilan Sejahtera sebagai kekuatan politik baru. PKS yang berbasis kader muda dan intelektual memberikan warna yang berbeda dengan partai-partai lainnya. Pada pemilu 2004 yang lalu PKS mampu mendulang suara sekitar 7, 4 % sehingga mengalami peningkatan sebesar 500 % jika dibandingkan dengan pemilu 1999 PKS hanya memperoleh suara sekitar 1.3 %. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi PKS dalam menyusun tema-tema kampanye, strategi dalam memilih media kampanye serta strategi dalam menentukan model kampanye pada pemilu 2004 di Kota Palembang. Manfaat teoritis dari penelitian ini adalah untuk memperkaya khazanah bagi perkembangan ilmu-ilmu politik terutama dalam mengkaji dan memahami berbagai dimensi yang berkaitan dengan partai politik dalam memasarkan produk politiknya. Sedangkan manfaat praktisnya adalah memberikan sumbangan ide dan pemikiran bagi pihak-pihak yang berkepentingan terutama partai politik PKS sebagai bahan pertimbangan dalam mengeluarkan kebijakan-kebijakan politiknya. Metode penelitian yang digunakan kualitatif dengan analisis deskriptif dengan lokasi penelitian di Dewan Perwakilan Daerah PKS Kota Palembang. Informan diperoleh dengan menggunakan metode purposive atau memberikan kriteria-kriteria tertentu terhadap informan yang dijadikan sumber data. Informan dibagi menjadi dua, yakni informan kunci yang berasal dari Pengurus PKS Periode 2004 yaitu Ketua DPD PKS 2004 yang memang mengatahui secara rinci tentang eksistensi PKS, dan informan pendukung adalah simpatisan PKS yang terdiri dari Mahasisiwa yang terlibat aktif dalam kegiatan PKS di antaranya ada beberapa orang mahasiswa. Dan dokumen-dokumen yang berkaitan dengan masalah penelitian diantaranya dokumen yang ada di DPD dan DPW maupun di DPP. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan beberapa tahapan, pertama pemroses satuan, kedua kategorisasi dan ketiga , penafsiran data. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa stratregi PKS Kota Palembang yang terkait dalam penyusunan tema-tema kampanye, disusun berdasarkan kepada isu-isu strategis yang berkembang dimasyarakat. Seperti isu-isu tentang, keadilan, ekonomi, kesejahteraan, kesehatan. politik, hukum dan pendidikan. Di samping itu strategi PKS Kota Palembang yang terkait dalam pemilihan media kampanye lebih didasarkan kepada kemampuan SDM dan dana yang ada, maka media yang digunakan pada pemilu 2004 yang lalu adalah surat kabar, spanduk / poster,stiker dan brosur, serta silaturrahim dengan tokoh-tokoh masyarakat. Sementara strategi PKS Kota Palembang yang terkait dalam penentuan model kampanye juga berdasarkan SDM dan dana yang ada. Untuk itu model kampanye yang digunakan PKS tersebut adalah Kampanye door to door, pemasangan atribut PKS di rumah-rumah kader dan simpatisan, silaturrahim ke tetangga, sahabat dan kerabat, TOP (Training Orientasi Partai ) , kegiatan-kegiatan bakti sosial, seminar dan bedah buku, kampanye Massa dan halaqah
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? JC ?? |
Depositing User: | PPS Pasca Sarjana |
Date Deposited: | 11 Feb 2020 08:23 |
Last Modified: | 11 Feb 2020 08:23 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6314 |
Actions (login required)
View Item |