MANAJEMEN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI TUNAGRAHITA DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI SEKAYU KABUPATEN MUSI BANYUASIN

SUPARMAN, SUPARMAN (2015) MANAJEMEN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI TUNAGRAHITA DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI SEKAYU KABUPATEN MUSI BANYUASIN. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
SUPARMAN OK.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Abstrak Tesis ini berjudul “Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Tunagrahita di Sekolah Luar Biasa Negeri Sekayu Kabupaten Musi Banyuasin” Penelitian ini membahas tentang Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Tunagrahita Di Sekolah Luar Biasa Negeri Sekayu Kabupaten Musi Banyuasin. Dalam manajemen pembelajaran Pendidikan Agama Islam ini terdapat beberapa kendala. Kendala yang paling utama adalah kurangnya guru khusus bidang studi agama Islam. Adanya tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi Tunagrahita di Sekolah Luar Biasa Negeri Sekayu, bagaimana pengorganisasian pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi Tunagrahita di Sekolah Luar Biasa Negeri Sekayu, bagaimana penetapan tenaga kerja pembelajaran pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi Tunagrahita di Sekolah Luar Biasa Negeri Sekayu, bagaimana pengarahan dan pengawasan pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi Tunagrahita di Sekolah Luar Biasa Negeri Sekayu dan bangaimana efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi Tunagrahita di Sekolah Luar Biasa Negeri Sekayu tersebut. Dalam penelitian ini yang termasuk dengan informan penelitian adalah seluruh guru yang mengajar Pendidikan Agama Islam di Sekolah Luar Biasa Negeri Sekayu Kabupaten Musi Banyuasin yang berjumlah 2 orang. Penelitian ini menggunakan data kualitatif. Teknik mengumpul data yang digunakan adalah : observasi, wawancara dan dokumentasi. Data penelitian ini menggunakan analisis deskriftif kualitatif. Dari penelitian di dapat bahwa : Pertama perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Luar Biasa Negeri Sekayu meliputi perencanaan kurikulum, materi pembelajaran, metode, dan siswa. Sebagai besar guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah Luar Biasa Negeri Sekayu dari segi perencanaan pembelajaran sudah berjalan dengan maksimal dan baik sesuai dengan yang diharapkan, Kedua pengorganisasian pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi tunagrahita di Sekolah Luar Biasa Negeri Sekayu meliputi pengorganisasian kurikulum, materi pembelajaran, metode dan siswa. Sebagian besar guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah Luar Biasa Negeri dari segi pengorganisasian pembelajaran sudah berjalan dengan maksimal dan baik sesuai dengan yang diharapkan, Ketiga penetapan tenaga kerja pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi tunagrahita di Sekolah Luar Biasa Negeri Sekayu, untuk tingkat SD dan SMALB sudah sesuai dengan linierisasi kependidikan yang guru Pendidikan Agama Islam miliki, hanya saja pada tingkatan SMPLB belum mempunyai guru khusus Pendidikan Agama Islam, sehingga mata pelajaran Pendidikan Agama Islam diajarkan oleh wali kelas masing-masing, Keempat pengarahan dan pengawasan pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi tunagrahita di Sekolah Luar Biasa Negeri Sekayu, sudah cukup baik terbukti dalam satu bulan kepala sekolah selalu mengadakan kunjungan kelas ketika guru Pendidikan Agama Islam sedang melaksanakan pembelajaran. Efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi tunagrahita di Sekolah Luar Biasa Negeri Sekayu Kabupaten Musi Banyuasin, sudah cukup baik terbukti dalam ujian sekolah dan ujian nasional nilai anak tunagrahita mencapai keriteria ketuntasan maksimal yang sudah ditentukan sekolah, selain dari itu anak tunagrahita sudah menunjukan sikap positif dalam pergaulan sehari-hari, seperti : bersikap sopan terhadap guru, melaksanakan shalat zuhur di sekolah tampa di suru atau di perintah oleh guru Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: PRODI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM (S2) TH.2015
Subjects: ?? L1 ??
Depositing User: PPS Pasca Sarjana
Date Deposited: 14 Feb 2020 04:58
Last Modified: 14 Feb 2020 04:58
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6350

Actions (login required)

View Item View Item