PERENCANAAN KEPENGAWASAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA PALEMBANG TAHUN 2012 / 2013

MARTINI, SUTIARSIH (2015) PERENCANAAN KEPENGAWASAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA PALEMBANG TAHUN 2012 / 2013. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
TESIS BAB I - V. PAK. SUYITNO OK.pdf

Download (674kB) | Preview

Abstract

PERENCANAAN KEPENGAWASAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA PALEMBANG Perencanaan (planning) dan pengawasan (controlling) merupakan dua fungsi manajemen yang sangat urgen dan fundamental dalam manajemen pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Kajian kedua fungsi manajemen ini sangat menarik perhatian penulis untuk dikaji sebab segala aktivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam akan dapat berlangsung dan berhasil sukses sebagaimana yang diamanatkan Pendidikan Nasional dan Pendidikan Islam jika program-programnya sudah dimaenseat terlebih dahulu melalui program perencanaan yang berkualitas, sistematis dan komprehensif maka para pengawas akan dapat mengetahui seberapa jauh ketercapaian pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah binaan. Berdasarkan observasi penulis tanggal 26 dan 31 Juni, serta 5 Juli 2013, diperoleh data bahwa tingkat keberhasilan atau ketercapaian kinerja pengawas dalam merancang atau merencanakan program-program kerja kepengawasan akademik sebagaimana yang diamanatkan Direktur Jenderal Pendidikan Islam, belum menunjukkan hasil yang signifikan sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan sehinggamayoritas pengawas akademik pada Kantor Kementerian Agama Kota Palembang belum mampu mencapai target keberhasilan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan alat pengumpul data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi.Penulis melibatkan 1 orang ketua dan 6 orang pengawas sebagai responden dalam penelitian ini.Adapun analisis datanya menggunakan analisis deskriptif interaktif konsep Miles and Huberman dengan teknik triangulasi. Adapun secara kuantitas bahwa semua program pembelajaran PAI telah dibuat perencanaannya sebagai tolok ukur untuk melakukan supervisi ke lapangan. Namun program-program yang dirancang lebih bersifat secara umum atautidak terprogram secara khusus.Hambatannyaadalah kurangnya penguasaan dan pemahaman terhadap manajemen perencanaan kepengawasan PAI, pengelolaan standar sarana dan prasarana, kurangnya atensi atasan dalam memprioritaskan aspek kesejahteraan pengawas. Sedangkan upaya ketua Pokjawas dan atasan dalam mengatasi dan meminimalisir sebahagian hambatan adalah dengan upaya pengadaan buku-buku literatur tentang manajemen kepengawasan PAI sebagai referensi bacaan untuk inventaris kantor, peningkatan SDM melalui berbagai pendidikan dan pelatihan, maupun upaya yang bersifat mandiri. Saran yang bersifat konstruktif kepada pimpinan agar secara intensif melakukan tindakan pengawasan, meningkatkan intensitas pola pembinaan profesionalitas pengawas secara berkelanjutan dan komprehensif dan selalu memperbaiki dan mengembangkan manajemen SDM dan perencanaan sarana dan prasarana yang ada di dalam sekretariat pengawas sehingga menjadi lebih kondusif serta mempergunakan mekanisme yang efektif dan efisien dalam perekrutan tenaga pengawas akademik di masa mendatang.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: PRODI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM (S2) TH. 2015
Subjects: ?? L1 ??
Depositing User: PPS Pasca Sarjana
Date Deposited: 15 Feb 2020 02:10
Last Modified: 15 Feb 2020 02:10
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6358

Actions (login required)

View Item View Item