IMPLEMENTASI TATA TERTIB SEKOLAH DALAM UPAYA PEMBENTUKAN KEDISIPLINAN SISWA (Studi Kasus di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Indralaya Selatan)

HANDAYANI, DIAH (2018) IMPLEMENTASI TATA TERTIB SEKOLAH DALAM UPAYA PEMBENTUKAN KEDISIPLINAN SISWA (Studi Kasus di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Indralaya Selatan). Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I .pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (60kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul Implementasi Tata Tertib Sekolah Dalam Upaya Pembentukan Kedisiplinan Siswa (Study Kasus Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Indralaya Selatan). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskrifsikan Implementasi tata tertib sekolah dalam upaya pembentukan kedisiplinan siswa (study kasus sekolah menengah pertama negeri 1 Indralaya Selatan) serta faktor apasaja yang menjadi hambatan dalam Implementasi tata tertib sekolah dalam upaya pembentukan kedisiplinan siswa (study kasus sekolah menengah pertama negeri 1 Indralaya Selatan). Rumusan masalah yang ada dalam penelitian ini adalah bagaimana Implementasi tata tertib sekolah dalam upaya pembentukan kedisiplinan siswa (study kasus sekolah menengah pertama negeri 1 Indralaya Selatan) dan faktor apa saja yang menjadi hambatan dalam mengimplementasi tata tertib sekolah dalam upaya pembentukan kedisiplinan siswa (study kasus sekolah menengah pertama negeri 1 Indralaya Selatan) Jenis penelitian ini adalah diskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan yang terdapat pada penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kesiswaan, dan guru bimbingan konseling serta guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data melalui proses data reduction, display, dan conclusion drawing/verification. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembentukan disiplin siswa melalui implementasi tata tertib sekolah dilakukan melalui pembiasaan tata tertib sekolah kepada siswa, guru menjadi model sehingga siswa meniru apa yang dilakukan guru, dan mengkondisikan siswa untuk mematuhi tata tertib sekolah serta memberikan teguran dan sanksi bagi siswa yang melanggar tata tertib sekolah. sedangkan untuk hambatan yang ditemui dalam pembentukan disiplin siswa melalui implementasi tata tertib sekolah adalah terdiri atas faktor internal dan faktor eksternal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: implementasi tata tertib sekolah kedisiplinan siswa
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 20 Feb 2020 03:26
Last Modified: 20 Feb 2020 03:26
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6402

Actions (login required)

View Item View Item