FIRNAWIDA, FIRNAWIDA (2013) STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN KINERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 26 PALEMBANG. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
TESIS ok-converted.pdf Download (440kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1 (9).pdf Download (159kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Sekolah Menengah Pertama Negeri 26 Palembang sebagai lokasi penelitian adalah salah satu sekolah di kecamatan Sukarami kelurahan Sukabangun kota Palembang, dimana sekolah ini tercatat sebagai sekolah terakreditasi A yang sedang dipersiapkan menuju sekolah berstandar nasional (SSN). Untuk itu perlu adanya peningkatan kinerja guru dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar. Kepala sekolah dan guru yang profesional merupakan kunci keberhasilan pendidikan pada level yang paling bawah. Karena itu kepala sekolah harus mampu melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya, baik sebagai edukator, manajer, administrator, leader, inovator dan motivator. Sebagai supervisor kepala sekolah merencanakan program supervisi, melaksanakan supervisi terhadap guru PAI dan menindaklanjuti hasil sipervisi tersebut. Dalam menjalankan tugas proses belajar mengajar, guru masih ada yang kurang disiplin seperti sering datang terlambat, hanya hadir diwaktu ada jadwal mengajar saja. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk memperoleh gambaran empirik mengenai strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru PAI di SMP Negeri 26 Palembang. Penelitian ini membahas mengenai: Bagaimana kinerja guru PAI? Bagaimana pelaksanaan penilaian kinerja terhadap guru PAI? Bagaimana strategi kepala sekolah dalam peningkatan kinerja guru PAI, serta faktor apa yang mendukung dan menghambat strategi peningkatan kinerja guru PAI di SMP Negeri 26 Palembang? Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Adapun strategi yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah dengan wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 26 baik. Berdasarkan angket dan chek list penulis berpedoman pada format IPKM yang disusun oleh Uzer Usman di dapat bahwa rata-rata keterampilan guru PAI dalam menyusun rencana pelajaran, dalam melaksanakan prosedur mengajar & melaksanakan hubungan antar pribadi di dapat bahwa guru SMP Negeri 26 Palembang rata-rata mendapat skor 4 yang berarti baik. Pelaksanaan penilaian kinerja guru PAI dilaksanakan dengan cara melaksanakan supervisi langsung ke kelas dibantu oleh guru senior dengan menggunakan instrumen penilaian supervisi sesuai petunjuk DIKNAS. Selain itu pelaksanaan penilaian kinerja dilakukan dengan melihat kemampuan guru dalam berkomunikasi dengan kepala sekolah, parawakil, dewam grur, staf TU dan masyarakat lainnya sudah cukup baik. Strategi kepala SMP Negeri 26 Palembang dalam peningkatan kinerja guru PAI adalah dengan melakukan supervisi secara rutin terhadap guru PAI, memberi kesempatan kepada guru PAI untuk ikut serta dalam kegiatan MGMP, lokakarya, seminar, melakukan bimbingan individu (face to face), memberi konpensasi/penghargaan serta menegakkan disiplin. Faktor pendukung kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru PAI ialah lingkungan sekolah, dan guru, sedangkan hambatan yang dihadapi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru PAI ialah kendala siswa, Guru, serta sarana dan prasarana.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | PRODI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM (S2) TH. 2013 |
Subjects: | ?? L1 ?? |
Depositing User: | PPS Pasca Sarjana |
Date Deposited: | 20 Feb 2020 07:58 |
Last Modified: | 20 Feb 2020 07:58 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6423 |
Actions (login required)
View Item |