HANDAYANI, SRI (2020) IMPLEMENTASI PROGRAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS BUDAYA SEKOLAH DI SMP NEGERI 9 PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
ACC BAB 1.pdf Download (113kB) | Preview |
|
|
Text
ACC BAB V.pdf Download (32kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berjudul Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter di SMP Negeri 9 Palembang. Dengan rumusan masalah: Bagaimana Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Sekolah di SMP Negeri 9 palembang. Apa saja faktor penghambat dalam Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karater Berbasis Budaya Sekolah di SMP Negeri 9 Palembang. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi program penguatan pendidikan karakter berbasis budaya sekolah di SMP Negeri 9 Palembang. Untuk mengetahui faktor penghambat dalam Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karater Berbasis Budaya Sekolah di SMP Negeri 9. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan penelitian kualitatif. Informan penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu waka kurikulum sebagai key informan dan waka kesiswaan serta guru sebagai informan pendukung. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan, serta untuk keabsahan data melalui triangulasi. Hasil pelitian menunjukkan bahwa implementasi program penguatan pendidikan karakter berbasis budaya sekolah di SMP Negeri 9 Palembang yaitu melalui proses komando seperti kepala sekolah memberikan perintah langsung kepada wakil kepala sekolah yang nantinya akan dikoordinasikan kepada staf lainnya. Proses koordinasi seperti kepala sekolah mengadakan workshop yang diberikan kepada guru agar guru dapat mengimplentasikan PPK ke siswa. Proses motivasi seperti kepala sekolah memberikan pujian dan penghargaan kepada siswa yang berprestasi. Proses pengarahan yang biasanya diberikan kepala sekolah yaitu pada saat setelah Sholat Dhuha, tausiyah, upacara bendera dan sebagainya. Kegiatan budaya sekolah yang dimasukkan dalam empat tahap implementasi diatas yaitu kegiatan intrakurikuler dengan cara memasukannya dalam proses kegiatan belajar mengajar, layanan bimbingan dan konseling, dan kegiatan pembiasaan sekolah. Kegiatan kokurikuler dengan cara memasukannya dalam proses kegiatan keagamaan, kegiatan seni, dan kegiatan kursus dan les. Kegiatan ekstrakulikuler dengan cara memasukannya dalam proses kegiatan pramuka, PMR, paskibra, olahraga dan lainlain. Faktor penghambat dalam mengimplementasikan program penguatan pendidikan karakter (PPK) di SMP Negeri 9 Palembang antara lain yaitu: Kurangnya pengarahan dan keseriusan pelaksana pendidikan belum maksimal yang diberikan guru sebab masih ada guru yang masih menitik beratkan murid kepada kemampuan kognitif saja. Kurangnya koordinasi kepada wali murid mengenai program PPK sehingga kepedulian wali murid juga membuat peserta didik tidak memiliki motivasi dalam melaksanakan program PPK. Motivasi dalam kegiatan intrakurikuler dalam proses kegiatan bimbingan dan konseling yaitu masih ada saja siswa yang ketakutan saat didekati guru BK saat mau diajak berkomunikasi karena banyak yang salah mengartikan peran BK itu sendiri, dan lain-lain.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | penguatan pendidikan karakter berbasis budaya sekolah |
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | fakultas tarbiyah dan keguruan |
Date Deposited: | 20 Feb 2020 08:44 |
Last Modified: | 20 Feb 2020 08:44 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6431 |
Actions (login required)
View Item |