KORELASI MANAJEMEN PENGELOLAAN SD NEGERI 259 PLAJU DENGAN MINAT MASYARAKAT MENYEKOLAHKAN ANAK-ANAK MEREKA KE SD NEGERI 259 PLAJU DARAT PALEMBANG

ERWANA, ERWANA (2014) KORELASI MANAJEMEN PENGELOLAAN SD NEGERI 259 PLAJU DENGAN MINAT MASYARAKAT MENYEKOLAHKAN ANAK-ANAK MEREKA KE SD NEGERI 259 PLAJU DARAT PALEMBANG. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
LENGKAP (1) OK.pdf

Download (542kB) | Preview

Abstract

KORELASI MANAJEMEN PENGELOLAAN SD NEGERI 259 PLAJU DENGAN MINAT MASYARAKAT MENYEKOLAHKAN ANAK-ANAK MEREKA KE SD NEGERI 259 PLAJU DARAT PALEMBANG Minat harus dapat dikembangkan dan diekspresikan melalui sesuatu aktivitas atau pilihan gerak. Seperti minat masyarakat terhadap suatu lembanga pendidikan formal yakni sekolah, tentu masyarakat terlebih dahulu mengamati, menilai tentang keberadaan sekolah tersebut untuk kemudian baru masyarakat menentukan berminat atau tidak menyekolahkan anak-anak mereka ke sekolah yang diamatinya. Pada obsevasi awal yang penulis lakukan pada hari selasa tanggal 24 April 2012 jam 10.00 WIB dengan cara melakukan tanya jawab kepada beberapa orang tua/wali murid yang merupakan bagian dari masyarakat tentang minat masyarakat menyekolahkan anak-anak mereka ke Sekolah Dasar (SD) Negeri 259 Plaju Darat Palembang. Jawabnya dari beberapa orang tersebut dapat dikatakan sama yakni kurang minatnya. Karenanya rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimana pelaksanaan manajemen pengelolaan SD Negeri 259 Plaju Darat Palembang ? Bagaimana minat masyarakat menyekolahkan anak-anak mereka ke SD Negeri 259 Plaju Darat Palembang ? Adakah korelasi antara manajemen pengelolaan SD Negeri 259 Plaju Darat Palembang dengan minat masyarakat menyekolahkan anak-anak mereka ke SD Negeri 259 Plaju Darat Palembang ? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan manajemen pengelolaan SD Negeri 259 Plaju Darat Palembang, minat masyarakat menyekolahkan anak-anak mereka ke SD Negeri 259 Plaju Darat Palembang, dan korelasi manajemen pengelolaan dengan minat masyarakat menyekolahkan anak-anak mereka ke SD Negeri 259 Plaju Darat Palembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisa data statistik dengan data-data dari lapangan penelitian yang bersumber dari hasil angket yang disebarkan kepada para orang tua/wali murid kelas 1 sebagai wali siswa baru sebanyak 36 orang. Data yang dianalisa pelaksanaan manajemen pengelolaan Sekolah Dasar (SD) terhadap minat masyarakat menyekolahkan anak ke SD Negeri 259 Plaju Darat Palembang dengan menggunakan rumus Statistik Kai Kuadrat (X2) dan diperhalus dengan menggunakan rumus Phi (φ ). Dari analisis hasil penelitian menggunakan Kai Kuadrat dan Phi serta dilakukan tabulasi silang diketahui bahwa Pelaksanaan Manajemen Pengelolaan Sekolah Dasar (SD) Negeri 259 Plaju Darat Palembang yakni sebanyak 26 orang (72,22%) adalah berada dalam klasifikasi “sedang atau cukup”. Sedangkan minat masyarakat menyekolahkan anak ke Sekolah Dasar (SD) Negeri 259 Plaju Darat Palembang, yakni sebanyak 27 orang (75%) adalah berada dalam klasifikasi “sedang atau cukup”. Dari langkah-langkah pengolahan data dapat diketahui bahwa pelaksanaan manajemen pengelolaan Sekolah Dasar (SD) terdapat hubungan atau korelasi positif terhadap minat masyarakat menyekolahkan anak ke Sekolah Dasar (SD) Negeri 259 Plaju Darat Palembang pada harga signifikansi 5%, sedangkan pada harga 1% tidak terdapat korelasi positif.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: PRODI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM (S2) TH. 2014
Subjects: ?? L1 ??
Depositing User: PPS Pasca Sarjana
Date Deposited: 20 Feb 2020 08:49
Last Modified: 20 Feb 2020 08:49
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6433

Actions (login required)

View Item View Item