PENERAPAN METODE PERSONIFIKASI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MELAFALKAN HURUF HIJAIYAH SISWA KELAS VIII.9 DI SMP NEGERI 40 PALEMBANG

FADILAH, LOLA (2020) PENERAPAN METODE PERSONIFIKASI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MELAFALKAN HURUF HIJAIYAH SISWA KELAS VIII.9 DI SMP NEGERI 40 PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (856kB)
[img] Text
BAB V .pdf
Restricted to Registered users only

Download (68kB)

Abstract

Kemampuan melafalkan huruf hijaiyah adalah kemampuan seseorang dalam mengucapkan huruf hijaiyah sesuai dengan makhrojnya berdasarkan tempat-tempat keluarnya huruf hijaiyah. Sedangkan siswa pada kelas VIII.9 di SMP Negeri 40 Palembang belum mampu melafakal huruf hijaiyah sesuai dengan mkhroj berdasarkan tempat-tempat kluarnya huruf hijaiyah oleh karena itu penelitian ini dilatar belakangi oleh kuranya kemampuan melafalkan huruf-huruf hijaiyah siswa kelas VIII.9 di SMP Negeri 40 Palembang. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh penerapan metode personifikasi dalam meningkatkan kemampuan melafalkan huruf hijaiyah siswa kelas VIII.9 di SMP Negeri 40 Palembang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Penelitian eksperimen merupakan suatu penyelidikan yang direncanakan sedemikian rupa, seingga fenomena atau kejadian itu dapat diisolasi dari pengaruh lain. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan menggunakan rumus uji “t”. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: terdapat perbedaan tingkat kemampuan melafalkan huruf hijaiyah siswa kelas VIII.9 di SMP Negeri 40 Palembang sebelum dan setelah diterapkan metode personifikasi. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan dengan rumus uji “t” menunjukkan sebelum penerapan metode personifikasi kemampuan melafalkan huruf hijaiyah siswa yang mendapatkan kategori tinggi berjumlah 0 orang (0%), dan yang mendapatkan kategori sedang berjumlah 13 orang (45%), sedangkan untuk kategori rendah berjumlah 16 orang (55%). Sedangkan setelah penerapan metode personifikasi yang mendapatkan kategori tinggi berjumlah 17 orang (59%), dan yang mendapatkan kategori sedang berjumlah 9 orang (31%), sedangkan untuk kategori rendah berjumlah 3 orang (10%).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: metode personifikasi melafalkan huruf hijaiyah
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 24 Feb 2020 03:14
Last Modified: 25 May 2022 04:20
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6449

Actions (login required)

View Item View Item