PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 (SMPN 1) TANJUNGPANDAN BELITUNG

DEWITRI, LESTARI (2012) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 (SMPN 1) TANJUNGPANDAN BELITUNG. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
cover (8).pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1, II, III, IV dan V ok.pdf

Download (239kB) | Preview

Abstract

Abstrak Kata kunci : Lembar Kerja Siswa, Kontekstual, Valid, Praktis dan Efektif Salah satu aspek yang dapat menentukan keberhasilan mutu pendidikan adalah pembelajaran. Namun masalah yang sering dihadapi oleh guru dalam kegiatan pembelajaran adalah bagaimana memilih dan menentukan bahan ajar yang tepat sehingga dapat membantu siswa untuk mencapai kompetensi yang telah ditentukan. Untuk itu seorang guru dituntut harus memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas mengenai bahan ajar serta berupaya semaksimal mungkin mengkondisikan pembelajaran agar menjadi suatu proses yang bermakna dalam membentuk pengalaman dan kemampuan siswa. Selama ini guru PAI khususnya di SMPN 1 Tanjungpandan Belitung hanya menggunakan bahan ajar yang sudah ada dari penerbit, hal ini menjadi salah satu penyebab penurunan dalam hasil belajar siswa kelas 7 pada mata pelajaran PAI. Berangkat dari hal itulah penulis mencoba mengemukakan sebuah gagasan untuk mengembangkan lembar kerja siswa (LKS) dalam pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Tanjungpandan, sebagai salah satu bentuk inovasi dalam dunia pendidikan, khususnya Pendidikan Agama Islam. Penelitian pengembangan LKS berbasis kontekstual pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dilakukan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 (SMPN 1) Tanjungpandan Belitung. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk (1) Untuk mengetahui pengembangan LKS yang valid dan praktis dalam pembelajaran PAI (2) Untuk mengetahui efek potensial LKS berbasis kontekstual pada mata pelajaran PAI dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMPN 1 Tanjungpandan Belitung. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan R & D (development research) yang terdiri dari 3 tahap yaitu (1) Model pengembangan, (2) Prosedur serta (3) Uji coba produk. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Lembar Validasi oleh Expert Judgment, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan analisis deskripstif kualitatif dimana data yang berasal dari review expert judgment diolah dan dikelompokkan sesuai dengan informasi-informasi berupa masukan, tanggapan, kritik, dan saran perbaikan yang terdapat pada lembar validasi yang telah diberikan. Hasil analisis ini kemudian digunakan untuk merevisi produk bahan ajar LKS berbasis kontekstual yang dikembangkan, sehingga mudah dipahami dan dapat diinformasikan kepada orang lain. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII a SMPN 1 Tanjungpandan Belitung. Temuan dari penelitian ini adalah (1) Model Pengembangan LKS berbasis Kontekstual yang valid dan praktis dilakukan melalui tahap-tahap sebagai berikut: penelitian pendahuluan (prasurvei), perencanaan, desain produk, validasi desain, revisi desain, ujicoba produk, revisi produk, ujicoba pemakaian, revisi produk dan produksi massal (2) Sedangkan Efek potensial dari penggunaan LKS berbasis kontekstual dilakukan melalui ujicoba one-to-one, ujicoba small group maupun field test terhadap siswa kelas 7 SMPN 1 Tanjungpandan, sehingga meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII a yang mencapai nilai 84,38 dengan kata lain sudah melampaui kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 70. Hal ini menunjukan bahwa pembelajaran dengan menggunakan LKS berbasis kontekstual yang dilakukan sudah termasuk kategori efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: PRODI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM (S2) TH.2012
Subjects: ?? L1 ??
Depositing User: PPS Pasca Sarjana
Date Deposited: 24 Feb 2020 03:09
Last Modified: 24 Feb 2020 03:29
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6450

Actions (login required)

View Item View Item