PERAN GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MENANAMKAN SIKAP SOSIAL SISWA KELAS VII DI MTS AISYIYAH 1 PALEMBANG

YUSUF, MUHAMMAD (2020) PERAN GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MENANAMKAN SIKAP SOSIAL SISWA KELAS VII DI MTS AISYIYAH 1 PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (536kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V .pdf

Download (53kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul : Peran Guru Aqidah Akhlak Dalam Menanamkan Sikap Sosial Siswa Kelas VII Di Mts Aisyiyah 1 Palembang. Batasan masalah dalam penelitian ini yaitu mengenai penanaman sikap sosial siswa kelas VII MTs Aisyiyah 1 Palembang oleh guru Aqidah Akhlak. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peran guru dalam menanamkan sikap sosial siswa kelas VII MTs Aisyiyah 1 Palembang, apa saja faktor pendukung dan penghambat guru Aqidah Akhlak dalam menanamkan sikap sosial siswa. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap peran guru Aqidah Akhlak dalam menanamkan sikap sosial, dan untuk mengungkap faktor pendukung dan penghambat dalam menanamkan sikap sosial siswa kelas VII MTs Aisyiyah 1 Palembang. Penelitian ini merupakan peneitian kualitatif deskriftif. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif yang didapat dari hasil wawancara kepala sekolah, Waka Kesiswaan, siswa kelas VII, dan tokoh masyarakat MTs Aisyiyah 1 Palembang. Data kuantitatif didapat dari hasil dokumentasi seperti data jumlah guru, siswa, serta sarana dan prasarana. Sumber data dalam peelitian ini meliputi data primer, yakni kepala sekola, Waka kesiswaan, guru Aqidah Akhlak, tokoh masyarakat, dan siswa kelas VII MTs Aisyiyah 1 Palembang. Data sekunder, yakni dokumentasi dan literatur. Yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah kepala sekola, Waka kesiswaan, guru Aqidah Akhlak, tokoh masyarakat, dan siswa kelas VII MTs Aisyiyah 1 Palembang. Pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisa data dengan mereduksi data, penyajian data, dan kemudian memverifikasi data. Hasil penelitian ini adalah guru Aqidah Akhlak mempunyai peran dalam menanamkan sikap sosial siswa baik didalam maupun diluar kelas. Peran guru Aqidah Akhlak yang pertama adalah di dalam kelas, guru berperan mengajarkan, memberikan informasi, motivasi atau semanagat, serta memberikan fasilitas kepada siswa dalam memberikan pelajaran tentang pentingnya sikap sosial. Peran guru yang kedua adalah diluar kelas meliputi, sebagai orang tua kedua, dan sebagai teladan untuk memberikan contoh kepada siswa. Adapun yang menjadi faktor pendukung guru Aqidah Akhlak dalam menanamkan sikap sosial siswa yang pertama adalah lingkungan sekolah yang mendukung, seperti menyisihkan uang jajan untuk berinfaq untuk disumbangkan ke panti-panti. Faktor yang kedua adalah kesadaran yang kuat dari diri anak sendiri untuk berubah. Faktor yang ketiga adalah lingkungan rumah yang mendukung. Sedangkan yang menjadi faktor penghambat yang pertama adalah teknologi yang disalagunakan oleh siswa, dan cenderung asik sendiri tanpa memperdulikan keadan sosial atau sekitar. Faktor yang kedua adalah lingkungan rumah yang tidak mendukung. Faktor yang ketiga adalah keterbatasan waktu guru dalam mendidik serta mengawasi siswa ketika berada diluar lingkungan sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: guru aqidah akhlak sikap sosial
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 24 Feb 2020 04:18
Last Modified: 24 Feb 2020 04:18
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6454

Actions (login required)

View Item View Item