PELAKSANAAN PENGARSIPAN DI SMK 1 MUHAMMADIYAH BALAYUDHA PALEMBANG

DAUD, DAUD (2020) PELAKSANAAN PENGARSIPAN DI SMK 1 MUHAMMADIYAH BALAYUDHA PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I .pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V .pdf

Download (68kB) | Preview

Abstract

Judul penelitian ini adalah “Pelaksanaan pengarsipan di SMK 1 Muhammadiyah Palembang”.Penelitian ini dilatar belakangi dalam pelaksanaan sistem penyimpanan arsip sudah berjalan.Namun, belum secara maksimal karena tidak adanya petugas khusus untuk mengelola arsip dan pegawai belum mendapatkan pelatihan mengenai pengrsipan sehingga kurang memahami tentang pengrsipan yang dijalankan. Kurangnya ketelitian pegawai dalam mengelola arsip. Apabila guru memerlukan data siswa maka dalam pencarian arsip tersebut membutuhkan waktu yang lama bahkan lebih dari 5 menitdandalampenyimpananhanyamenggunakansistemsubyek/pokokmasalah. Maka diperlukan dalam pelaksanaan pengrsipan secara maksimal baik itu mulai dari adanya partisipasi semua pihak, kerjasama, motivasi, komunikasi, pelatihan dan sebagainya. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan pengarsipan di SMK 1 Muhammadiyah Palembang, dan faktor apa saja yang mendukung dan menghambat pelaksanaan pengarsipan di SMK 1 Muhammadiyah Palembang. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan pengarsipan di SMK 1 Muhammadiyah Palembang, dan untuk mengetahui faktor apa saja yang mendukung dan menghambat pelaksanaan pengarsipan di SMK 1 Muhammadiyah Palembang. Informan pokok adalah kepala tata usaha dan informan pendukung adalah staf tata usaha dan guru. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknikanalisa yang digunakan adalah reduksi data, data display, verifikasi data dan triangulasi data. Dari hasil penelitian yang diperoleh sebagai berikut: pertama, pelaksanaan pengarsipan di SMK 1 Muhammadiyah Palembang melalui 8 tahapan yaitu, partisipasi semua pihak, kerjasama pemimpin dan anggota, motivasi, komunikasi, pelatihan, pemberian penghargaan, pemenuhan kebutuhan dan evaluasi. Kedua, faktor yang mempengaruhi yaitu faktor pendukung dan faktor penghambat.Faktor pendukung meliputi komunikasi yang baik antara pemimpin dan bawahan, sumber daya manusia, sikap dan komitmen, dan sikap dan komitmen dan SOP yang mengatur tata aliran dalam pelaksanaan kegiatan.Sedangkan faktor penghambatnya adalah kualifikasi pegawai belum terpenuhi dan kurangnya keahlian/pemahaman di bidang kearsipan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: pengarsipan
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 25 Feb 2020 04:38
Last Modified: 25 Feb 2020 04:38
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6464

Actions (login required)

View Item View Item