PEMIKIRAN NURCHOLISH MADJID TENTANG TUJUAN PENDIDIKAN NASIONAL

RAHMAN, AZIM (2012) PEMIKIRAN NURCHOLISH MADJID TENTANG TUJUAN PENDIDIKAN NASIONAL. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Cover Tesis (1).pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
UTUH ok.pdf

Download (402kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Pemikiran Nurcholish Madjid, dengan karakteristiknya yang khas kerap mengundang perhatian terutama dari kaum terdidik. Namun dari beberapa penelitian terdahulu, baik yang dilakukan oleh sarjana dari dalam maupun dari luar negeri, menunjukkan bahwa belum ada yang memfokuskan penelitiannya itu pada upaya mengidentifikasi karakteristik pemikiran Cak Nur. Begitu pula tentang keterkaitan pemikiran Cak Nur dengan tujuan pendidikan nasional (TPN), belum ada yang membahasnya dalam sebuah penelitian. Maka kehadiran penelitian ini adalah dalam rangka mengisi kekosongan tersebut, yakni berupaya menemukan karakteristik pemikiran Nurcholish Madjid, serta menjajaki TPN dalam pasal 3 UU No. 20/2003 tentang Sisdiknas dalam pemikiran tokoh tersebut. Dengan mengajukan dua rumusan masalah: 1) bagaimana karakteristik pemikiran Nurcholish Madjid; dan 2) bagaimana TPN pada pasal 3 UU No. 20/2003 tentang Sisdiknas dalam pemikiran Nurcholish Madjid, penelitian ini bertujuan menemukan jawaban atas kedua persoalan tersebut, yakni: 1) menemukan karakteristik pemikiran Nurcholish Madjid; dan 2) menjajaki TPN pada pasal 3 UU No. 20/2003 tentang Sisdiknas dalam pemikiran Nurcholish Madjid. Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research) yang bersifat kualitatif. Guna memudahkan proses penganalisaan, data diseleksi sesuai relevansinya dengan pembahasan. Penelitian ini dilakukan cara taxonomy analysis, yakni menentukan corak atau karakteristik pemikiran Nurcholish Madjid sebagai domain penelitian. Karena terkait dengan penelitian kepustakaan, maka analisis data dalam penelitian ini dilakukan teknik analisis wacana (discourse analisys) serta analisis hermeneutik. Untuk melengkapi kedua teknik analisis tersebut dibutuhkan analisis historis (terutama dengan metode deskripsi historis). Hal ini berguna bukan saja untuk mengetahui personalitas Nurcholish, tetapi juga untuk mengetahui latar belakang baik sosio-kultural, sosio-politik, maupun sosio-keagamaan ketika Nurcholish Madjid hidup, khususnya saat-saat pemikirannya dituangkan dalam tulisan (teks), sehingga diharapkan terjadinya dialog imajinatif dengan pengarangnya meskipun hidup dalam kurun yang berbeda. Hasil penelitian ini menyimpulkan: pertama, Cak Nur adalah seorang neo-modernis yang memiliki karakteristik pemikiran yang substansial, rasional dan kontekstual dalam menganalisis berbagai persoalan, termasuk terhadap persoalan keagamaan. Berbagai aspek yang menjadi tema-tema dalam pemikirannya seperti masalah kemanusiaan, keindonesiaan, kemodernan, dan masalah sistem politik, ia integrasikan ke dalam Islam khususnya dari tauhid yang dia anut secara integral. Maka Cak Nur pun dikategori memiliki pemikiran yang integralistik, yakni menyatukan berbagai aspek-aspek pemikirannya ke dalam ajaran Islam. Pandangan tauhidnya inilah yang kemudian menyinari hampir seluruh pemikiran Cak Nur dalam berbagai aspeknya tersebut; kedua, uraian yang terdapat dalam aspek-aspek pemikiran Cak Nur dinilai mengandung penjelasan yang memadai terkait butir-butir dalam rumusan TPN yang terdapat pada pasal 3 UU No. 20/2003 tentang Sisdiknas. Jika dalam Penjelasan UU itu sendiri tidak terdapat penjelasannya--kecuali dengan kata “cukup jelas”, dalam pemikiran Cak Nur justru hampir semua butir kata tersebut terdapat tafsirnya. Selain itu, antara butir-butir TPN pada pasal 3 UU No. 20/2003 tentang Sisdiknas dengan gagasan-gagasan Cak Nur pun dinilai terdapat kesamaan prinsipil, bahkan kehadiran pemikiran Cak Nur justru lebih menegaskan kembali posisi UU No. 20/2003 tentang Sisdiknas ini sebagai salah satu turunan dari konstitusi negara, yakni UUDNRI 1945 pasal 31 ayat (3), mengenai kemana arah TPN sesungguhnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (S2) TH. 2012
Subjects: ?? L1 ??
Depositing User: PPS Pasca Sarjana
Date Deposited: 26 Feb 2020 01:55
Last Modified: 26 Feb 2020 01:55
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6479

Actions (login required)

View Item View Item