SUTINA, SUTINA (2011) EFEKTIVITAS PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK PENGAWAS MADRASAH DIMADRASAH TSANAWIYAH KABUPATEN BELITUNG TAHUN 2011 ( Studi Kasus Di MTs Negeri, MTs At-Taqwa, Dan MTs Daarul Aroofah ). Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
A.Depan Tesis Ratna.pdf Download (95kB) | Preview |
|
|
Text
1.2.3.4.5.6 uda edit (Repaired) ok.pdf Download (281kB) | Preview |
Abstract
Abstrak Madrasah Tsanawiyah adalah salah satu jenjang pendidikan setingkat Sekolah Menengah Pertama dibawah naungan Kementerian Agama Islam. Di Kabupaten Belitung Madrasah Tsanawiyah bukanlah salah satu sekolah unggulan maupun sekolah pilihan orang tua siswa, hal ini bisa disebabkan kurang perhatian, pembinaan dan evaluasi dari pengawas dalam meningkatkan prestasi belajar di Madrasah Tsanawiyah. Dalam penelitian ini peneliti memfokuskan pada efektivitas pelaksanaan supervisi akademik Pengawas Madrasah di Madrasah Tsanawiyah Kabupaten Belitung. Karena peneliti menilai salah satu faktor yang bisa meningkatkan prestasi dan mutu pendidikan di Madrasah Tsanawiyah adalah pelaksanaan supervisi akademik yang dilaksanakan oleh pengawas. Pelaksanaan supervisi akademik ini berhubungan dengan kegiatan pengawas dalam membantu guru binaan meningkatkan proses dan hasil belajar.Karena itu bahan kajian dalam penelitian ini mengukur pelaksanaan supervisi akademik yang dilaksanakan oleh pengawas terhadap guru bina, sebagai evaluasi untuk melihat apakah tujuan akhir supervisi akademik bisa dilaksanakan dengan baik atau tidak. Penelitian ini penelitian kualitatif dengan mengunakan metode deskriftif, yang berkenaan dengan proses bukanya semata mata hasil atau produk. Sebagai subjek penelitian adalah pengawas madrasah yang membina di Madrasah Stanawiyah , guru Madrasah Tsanawiyah yang mengajar Mata pelajaran Fiqih, Al-Quran Hadis, Bahasa Arab, SKI, Mulok/tajwid, dan Aqidah Akhlak. Kepala Sekolah Madrasah Tsanawiyah, juga Kepala Kasi Mapenda. Sebagai alat pengumpul data peneliti mengunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, Temuan-temuan dilapangan menunjukan tingkat keefektifan yang beragam, berdasarkan analisa pelaksanaan supervisi akademik pengawas Madrasah menunjukan bahwa pelaksanaan supervisi akademik pengawas Madrasah di MTsN cukup efektif / baik, meskipun pelaksanaan supervisi akademik tidak memiliki waktu/jadwal yang tetap. pelaksanaan supervisi akademik pengawas Madrasah di MTs At-Taqwa kurang efektif / baik, dan pelaksanaan supervisi akademik pengawas Madrasah di MTs Daarul Aroofah juga kurang efektif. Sedangkan dari aspek manajerial, pada tahap perencanaan (input) berjalan kurang efektif, pada tahap pelaksanaan supervisi akademik juga kurang efektif, begitu juga pada tahap (output) pelaporan / tindak lanjut juga kurang efektif. Jadi secara keseluruhan efektivitas pelaksanaan supervisi akademik pengawas Madrasah di MTs Kabupaten Belitung kurang efektif/baik. Berdasarkan analisa peneliti tentang pelaksanaan supervisi akademik pengawas madrasah di Madrasah Tsanawiyah Kabupaten Belitung, peneliti menyarankan agar pelaksanaan supervisi akademik dapat efektif maka sebaiknya pengawas madrasah dibekali ilmu kepengawasan sebelum terjun kelapangan, baik melalui diklat kepengawasan, maupun pendidikan khusus S.2 kepengawasan, sehingga pengawas madrasah sekarang menjadi pengawas madrasah masa depan, pengawas yang memiliki ilmu yang lebih tinggi diatas guru bina, pengawas dengan etos kerja yang baik, dan pengawas yang menjadi visioner bagi sekolah bina.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (S2) TH. 2011 |
Subjects: | ?? L1 ?? |
Depositing User: | PPS Pasca Sarjana |
Date Deposited: | 26 Feb 2020 03:51 |
Last Modified: | 26 Feb 2020 03:51 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6497 |
Actions (login required)
View Item |