PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM MELALUI PEMBIASAAN INFAQ PADA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NEGERI 1 LAIS KABUPATEN MUSI BANYUASIN

OCTARIA, EMILDA (2020) PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM MELALUI PEMBIASAAN INFAQ PADA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NEGERI 1 LAIS KABUPATEN MUSI BANYUASIN. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (529kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (400kB) | Preview

Abstract

Permasalahan penelitian ini: Bagaimana penanaman nilai-nilai pendidikan Islam melalui pembiasaan infaq di SMK Negeri 1 Lais Kabupaten Musi Banyuasin? Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi terlaksananya nilai-nilai pendidikan islam melalui pembiasaan infaq di SMK Negeri 1 Lais Kabupaten Musi Banyuasin? Penelitiaaan ini bertujuan untuk menganalisis penanaman nilai-nilai pendidikan Islam melalui pembiasaan infaq di SMK Negeri 1 Lais Kabupaten Musi Banyuasin, untuk mengungkap faktor-faktor yang mempengaruhi terlaksananya nilai-nilai pendidikan Islam melalui infaq di SMK Negeri 1 Lais Kabupaten Musi Banyuasin. Penelitiaan ini bersifat non-hipotesis sehingga dalam langkah penelitiannya tidak perlu merumuskan hipotesis namun digambarkan dengan uraian kata-kata sesuai dengan peristiwa yang diteliti untuk memperoleh kesimpulan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis metode kualitatif. Dalam penelitian kualitatif mengungkapkan data secara kualitatif dan bisa disajikan secara naratif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data penelitian data primer yakni data yang diperoleh atau dikumpulkan langsung dilapangan oleh peneliti melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, dan data sekunder yakni data yang diperoleh dari sumber-sumber yang ada seperti dari perpustakaan arsip-arsip yang ada hubungan dengan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian didapati bahwa penanaman nilai-nilai pendidikan Islam melalui pembiasaan infaq di SMK Negeri 1 Lais Kabupaten Musi Banyuasin berada dalam kategori sudah terlaksana dengan baik. Realisasinya melalui pendistribusian dana infaq kepada kelompok orang yang sudah tua dan jompo yang tidak dapat bekerja secara produktif lagi dan juga kepada orang-orang miskin di luar lingkungan SMK Negeri 1 Lais, serta membantu warga yang tertimpa musibah kebakaran dan kebanjiran. Juga ditujukan kepada perbaikan masjid dan mushola yang berada di luar lingkungan SMK Negeri 1 Lais. Faktorfaktor yang mempengaruhi terlaksananya nilai-nilai pendidikan Islam melalui pembiasaan infaq di SMK Negeri 1 Lais Kabupaten Musi Banyuasin ada 6 (enam) macam yakni Team working personel sekolah, Motivasi siswa berinfaq, Kepercayaan lingkungan sosial, Pendekatan guru kepada siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: nilai-nilai pendidikan islam pembiasaan infaq
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 27 Feb 2020 08:35
Last Modified: 27 Feb 2020 08:35
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6525

Actions (login required)

View Item View Item