AINI, KHOIRIL (2020) PELAKSANAAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KALIGRAFI DI PONDOK PESANTREN SABILUL HASANAH KECAMATAN SEMBAWA KABUPATEN BANYUASIN. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
2_BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (411kB) | Preview |
|
|
Text
6_BAB V PENUTUP & DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (229kB) | Preview |
Abstract
Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Kaligrafi di Pondok Pesantren Sabilul Hasanah Kecamatan Sembawa Kabupaten Banyuasin. Rumusan masalah yang diambil oleh peneliti yaitu bagaimanakah pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler kaligrafi di pondok pesantren sabilul hasanah kecamatan sembawa kabupaten banyuasin dan apakah faktor yang mendukung dan menghambat kegiatan ekstrakurikuler kaligrafi di pondok pesantren sabilul hasanah kecamatan sembawa kabupaten banyuasin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler kaligrafi di Pondok Pesantren Sabilul Hasanah Kecamatan Sembawa Kabupaten Banyuasin, faktor pendukung dan peghambatnya didalam kegiatan ekstrakurikuler kaligrafi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan penelitian ini adalah pembina kegiatan ekstrakurikuler kaligrafi, siswa dan siswi yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler kaligrafi, pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif dengan cara reduksi data, display data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan perencanaan kegiatan ekstrakurikuler telah berjalan cukup baik, namun perlu peningkatan pada koordinasi dan motivasi. Penugasan yang ada sudah berjalan efektif yaitu dengan pembina memberikan tugas kepada semua anggota dan anggota bertanggung jawab dengan tugas masing-masing yang diberikan. Koordinasi berjalan dengan baik, namun perlu adanya peningkatan dalam koordinasi dari pembina jangan hanya satu atau dua orang yang diberikan kepercayaan sehingga akan mempermudah mencapai tujuan yang sudah diterapkan. Motivasi sudah berjalan dengan baik namun pembina harus lebih sering dalam memberikan motivasi jangan hanya ketika akan adanya perlombaan saja anggota termotivasi untuk mengikuti kegiatan kaligrafi tetapi di setiap diadakannya latihan anggota harus termotivasi. Pengarahan yang ada sudah berjalan dengan baik karena pembina selalu mengawasi dan mengarahkan disetiap kegiatan. Kesimpulan yang diambil dari penelitian ini adalah kurangnya motivasi dan koordinasi didalam kegiatan ekstrakurikuler kaligrafi sehingga penulis berharap dan memberikan saran supaya motivasi dan koordinasi lebih ditingkatkan atau dikembangkan kembali sehingga pelaksanaan dapat berjalan seperti semestinya untuk mencapai tujuan yang telah diterapkan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kegiatan ekstrakurikuler |
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | fakultas tarbiyah dan keguruan |
Date Deposited: | 28 Feb 2020 07:04 |
Last Modified: | 28 Feb 2020 07:04 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6529 |
Actions (login required)
View Item |