ANGGRAINI, MERSY (2020) IMPLEMENTASI STANDARD OPERATING PROSEDURE (SOP) PADA PELAYANAN PRIMA DI PERPUSTAKAAN DAERAH PROVINSI SUMATERA SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
BAB I.pdf Download (374kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (91kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berjudul “Implementasi Standard Operating Prosedur (SOP) pada pelayanan Prima di Perpustakaan Daerah Provinsi Sumatera Selatan”. Penelitian ini dilatarbelakangi mengingat pentinya pengimplementasian SOP pada pelayanan sirkulasi di Perpustakaan Daerah Provinsi Sumatera Selatan dengan baik, konsisten, efektif dan efisien guna memberikan hasil pelayanan yang maksimal kepada pemustaka. Adapun permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi Standard Operating Prosedur (SOP) pada pelayanan sirkulasi dan faktor apa saja yang mempengaruhi implementasi Standard Operating Prosedur (SOP) pada pelayanan sirkulasi di Perpustakaan Daerah Provinsi Sumatera Selatan. Adapun jenis penelitian dalam penelitian ini adalah field research (penelitian lapangan) dengan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini yang menjadi informan kunci adalah kepala bidang layanan dan informasi, sedangkan yang menjadi informan pendukung adalah staf layanan pemustaka Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan wawancara. Dari hasil penelitian yang diperoleh menunjukan bahwa implementasi Standard Operating Prosedur (SOP) pada pelayanan sirkulasi di Perpustakaan Daerah Provinsi Sumatera Selatan Pada penerapannya masih ada prosedure pelayanan yang belum sesuai dengan SOP pengembalian buku, seperti petugas tidak mengecek kondisi fisik buku, masih memakai sistem manual pada peminjaman, pengembalian dan perpanjang masa peminjaman buku dan memberikan sanksi apabila pemustaka telat mengembalikan buku. Adapun faktor yang mempengaruhi implementasi Standar Operating Prosedur (SOP) pada pelayanan sirkulasi di Pepustakaan Daerah Provinsi Sumatera Selatan yakni faktor yang pendukung dan penghambat. Faktor pendukung meliputi kinerja staf yang sudah di dukung dengan sistem komputerisasi, sarana prasaran yang memadai dan pengalaman kerja staf pelayanan sirkulasi. Adapun faktor penghambat implementasi Standard Operating Prosedur (SOP) pada pelayanan sirkulasi meliputi ketika listrik mati seluruh akses internet dan peralatan yang mendukung kegiatan pelayanan sirkulasi akan terhenti.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | implementasi standard operating prosedure (sop) pelayanan |
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | fakultas tarbiyah dan keguruan |
Date Deposited: | 28 Feb 2020 07:48 |
Last Modified: | 28 Feb 2020 07:48 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6532 |
Actions (login required)
View Item |