WAHYUNI, SRI (2020) PENGARUH PENERAPAN METODE SMALL GROUP DISCUSSION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VII DI SMP N 6 PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
BAB I.pdf Download (759kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (10kB) | Preview |
Abstract
Rendahnya hasil belajar siswa dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal, dan salah satu faktor yang menjadi penyebab utama kesulitan belajar pada siswa yaitu faktor eksternal, seperti penggunaan metode atau strategi pembelajaran yang keliru, yang dapat membuat siswa menjadi bosan dan kurang berminat dalam mengikuti proses pemebe lajaran, sehingga dapat berpegaruh terhadap hasil belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar Pendidikan Agama Islam dengan penerapan metode Small Group Discussion di SMP N 6 palembang, untuk mengetahui hasil belajar Pendidikan Agama Islam tanpa penerapan metode Small Group Discussion di SMP N 6 Palembang dan apakah ada pengaruh penerapan metode metode Small Group Discussion terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SMP N 6 Palembang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen, dengan jumlah populasi 318 siswa dari 10 kelas dan sampel berjumlah 32 siswa kelas eksperimen dan 32 siswa kelas kontrol dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Hasil penelitian ini diperoleh : 1) hasil belajar PAI siswa kelas eksperimen masuk kategori tinggi terdapat 7 orang siswa (22%), untuk hasil belajar PAI siswa kategori sedang sebanyak 21 orang siswa (66%) dan hasil belajar siswa PAI kategori rendah terdapat 4 orang (12%). 2) Hasil belajar PAI siswa kelas kontrol kategori tinggi terdapat 9 orang siswa (28%), untuk hasil belajar PAI siswa kategori sedang sebanyak 19 orang siswa (59%) dan hasil belajar siswa PAI kategori rendah terdapat 4 orang (13%). 3) Ada pengaruh penerapan metode Small Group Discussion terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SMP N 6 Palembang dilihat dari nilai uji t yang menunjukkan bahwa thitung lebih besar dibandingkan ttabel yaitu thitung = 3,78 dan ttabel = 1,67 dengan taraf signifikan 5% sehingga hasil uji t menyatakan bahwa hipotesis alternatif diterima dan hipotesis nihil ditolak.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode small group discussion hasil belajar pendidikan agama islam |
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | fakultas tarbiyah dan keguruan |
Date Deposited: | 02 Mar 2020 03:14 |
Last Modified: | 02 Mar 2020 03:14 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6543 |
Actions (login required)
View Item |