WAHYUDI, IMAM (2020) PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI KEGIATAN OUTBOUND DI SEKOLAH ALAM INDONESIA BUKIT SIGUNTANG PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
BAB I.pdf Download (147kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (31kB) | Preview |
Abstract
Pendidikan Agama Islam merupakan usaha secara sadar dan terencana dalam menanamkan nilai dan norma agama. Salah satu sorotan yang menjadi persoalan pendidikan adalah kegiatan pembelajaran. Selama ini kegiatan pembelajaran sering dilakukan di dalam kelas yang masih terlihat monoton dan kurang inovasi. Model pembelajaran yang seperti ini tentu saja membuat peserta didik bosan dan ingin belajar di luar kelas. Penelitian ini berjudul “Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam Melalui Kegiatan Outbound di Sekolah Alam Indonesia Bukit Siguntang Palembang”. Adapun masalah dalam penelitian ini yang Pertama, Bagaimana Pelaksanaan Pendidikan Agama Melalui Kegiatan Outbound di Sekolah Alam Bukit Siguntang Palembang?. Kedua, Apa Saja Faktor Pendukung dan Penghambat Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam Melalui Kegiatan Outbound di Sekolah Alam Indonesia Bukit Siguntang Palembang?. Penelitian ini bertujuan yang pertama, untuk mengetahui Bagaimana Pelaksanaan Pendidikan Agama Melalui Kegiatan Outbound di Sekolah Alam Bukit Siguntang Palembang. Kedua, untuk mengetahui Apa Saja Faktor Pendukung dan Penghambat Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam Melalui Kegiatan Outbound di Sekolah Alam Indonesia Bukit Siguntang Palembang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian field research (penelitian lapangan) yang menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan domentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman yang terdiri dari tiga tahap yaitu reduksi data, pengajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan Pendidikan Agama Islam melalui kegiatan outbound di Sekolah Alam Indonesia Bukit Siguntang adalah melalui tiga tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap refleksi. Pada tahap perencanaan dimulai dengan lesson plan dan weekly plan. Pada tahap pelaksanaan dimulai dengan pembagian kelompok, penjelasan prosedur permainan, dan proses melaksanakan kegiatan. Pada tahap refleksi yaitu peserta didik mengambil pelajaran dari kegiatan outbound. Faktor pendukungnya yaitu: (1) lingkungan sekolah (2) antusias siswa (3) peralatan lengkap. Sedangkan faktor penghambat yaitu : (1) kondisi cuaaca (2) waktu (3) keadaan peserta didik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pendidikan agama islam kegiatan outbound |
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | fakultas tarbiyah dan keguruan |
Date Deposited: | 02 Mar 2020 06:49 |
Last Modified: | 02 Mar 2020 06:49 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6556 |
Actions (login required)
View Item |