UMAMI, RISA (2020) PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMA ISLAM AZ-ZAHRAH PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
BAB I.pdf Download (734kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V dan dapus.pdf Download (388kB) | Preview |
Abstract
Skripsi ini membahas mengenai Pengaruh Kepercayaan Diri Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMA Islam Az-Zahrah Palembang. Berdasarkan observasi awal yang telah dilakukan oleh peneliti, masih ada siswa yang masih malu mengeluarkan pendapat. Ada siswa yang belum percaya diri akan kemampuannya. Ada siswa yang belum bisa mengalahkan rasa takutnya. Masih ada siswa yang memiliki prestasi dibawah rata-rata. Berdasarkan dari hal tersebut, rumusan masalah pada penelitian ini yaitu Bagaimana kepercayaan diri siswa kelas 10 di SMA Islam Az-Zahrah Palembang, Adakah Pengaruh antara Kepercayaan diri terhadap Prestasi Belajar Siswa kelas 10 di SMA Islam Az-Zahrah Palembang. Adapun tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kepercayaan diri terhadap prestasi belajar siswa kelas 10 di SMA Islam Az-Zahrah Palembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitiannya adalah kolerasi studi prediktif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket) dan dokumentasi. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 10 di SMA Islam Az-Zahrah Palembang sebanyak 135 siswa, dan sampel penelitian diambil secara acak atau radom sampling dengan menggunakan rumus Slovin sebanyak 56 siswa dengan tingkat kesalahan 10%. Analisis data menggunakan rumus product moment, untuk mengetahui seberapa pengaruh dua variabel yaitu kepercayaan diri dan prestasi belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh kepercayaan diri terhadap prestasi belajar siswa. Berdasarkan hasil persentase mengenai kepercayaan diri siswa kelas 10 di SMA Islam Az-Zahrah Palembang dalam kategori tinggi sebesar 38% sedang yaitu sebesar 30%, rendah sebesar 32%. Berdasarkan hasil persentase prestasi belajar siswa kelas 10 di SMA Islam Az-Zahrah Palembang dalam kategori tinggi sebesar 25%, sedang sebesar 43%, rendah sebesar 32%. Ada pengaruh yang signifikan antara kepercayaan diri terhadap prestasi belajar siswa di SMA Islam AzZahrah Palembang dengan hasil perhitungan rumus product moment diperoleh nilai rhitung lebih besar dari rtabel dengan taraf signifikan 5% maupun taraf signifikan 1% yaitu 0,266<0,6520>0,345.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kepercayaan diri prestasi belajar siswa |
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | fakultas tarbiyah dan keguruan |
Date Deposited: | 06 Mar 2020 04:02 |
Last Modified: | 06 Mar 2020 04:02 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6613 |
Actions (login required)
View Item |