LINA, MARIA (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR AND SHARE TERHADAP KERJA SAMA SISWA DI KELAS IV SDN 159 PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
BAB I.pdf Download (310kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (89kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap kerja sama siswa di kelas IVA SDN 159 Palembang. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 69 siswa Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IVA baik sebagai kelas kontrol maupun kelas eksperimen yang berjumlah 23 orang siswa. Hasil temuan menunjukkan bahwa kelas yang diajar sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) diperoleh rata-rata 66,61 dan standar deviasi 6.733. dan kelas yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) ekspositori diperoleh rata-rata 76.09 dan standar deviasi 3.976. Dari hasil uji hipotesis ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran think pair and share terhadap kerja sama siswa di Kelas IV A SDN 159 Palembang, berdasarkan hasil perhitungan independent sample t-test diperoleh nilai sig. (2-tailed) adalah 0,01 < 0,05 dan nilai t hitung 5,813 > t tabel 1,713, sehingga dapat dinyatakan terdapat perbedaan yang signifikan dalam peningkatan skor kerja sama siswa secara signifikan pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada Pengaruh model pembelajaran tps terhadap kerja sama siswa di kelas IVA SDN 159 Palembang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran think pair and share kerja sama siswa |
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | fakultas tarbiyah dan keguruan |
Date Deposited: | 06 Mar 2020 04:40 |
Last Modified: | 06 Mar 2020 04:40 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6616 |
Actions (login required)
View Item |