Permatasari, Desi (2016) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MODELING THE WAY DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS XI SMAN 3 TEBING TINGGI KABUPATEN EMPAT LAWANG (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.
|
Text
BAB I.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (120kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (78kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (225kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berjudul “Penerapan metode pembelajaran Modeling The Way dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada bidang studi Pendidikan Agama Islam di kelas XI SMAN 3 Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang”. Penelitian ini dilatar belakangi karena kondisi di SMAN 3 Tebing Tinggi Empat Lawang yang sebagian besar guru masih menggunakan metode konvensional sehingga siswa lebih cenderung diam dan mengantuk saat proses belajar berlangsung, terutama pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Melihat fenomena seperti ini tentu saja menciptakan suasana kelas yang membosankan. Bahkan yang lebih memperihatinkan lagi adalah pembelajaran seperti ini akan mematikan aktivitas dan kreativitas peserta didik di kelas sehingga hasil belajar siswa kurang maksimal. Kemudian hasil belajar siswa SMAN 3 Tebing Tinggi Empat Lawang kelas XI yang belum memenuhi nilai rata-rata dari kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditentukan yaitu 73 (sumber Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI SMAN 3 Tebing Tinggi Empat Lawang). Berangkat dari permasalahan ini maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian. Adapun permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: Apakah ada perbedaan hasil belajar siswa kelas eksperimen yang menggunakan metode Modeling The Way dengan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional pada bidang studi Pendidikan Agama Islam kelas XI SMAN 3 Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang? Jenis penelitian ini adalah Penelitian Eksperimen. Objek penelitian ini adalah siswa XI SMAN 3 Tebing Tinggi Empat Lawang dimana kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 siswa dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 30 siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental dalam bentuk Nonequivalent control group desain. Analisis instrument yang digunakan adalah uji validitas dan uji realibilitas. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis menggunakan uji “t”. Adapun hasil penelitian sebagai berikut, hasil penelitian pada kelas eksperimen berpengaruh signifikan terhadap pengaruh hasil belajar. Hipotesa alternatif diterima dan disetujui dengan to lebih besar dari tt baik pada taraf signifikan 5% dengan perincian thitung = 4,86 ≥ ttabel = 1,67. Serta adanya selisih hasil belajar siswa dari mean (rata-rata) pada kelas eksperimen 79,67 dan pada kelas kontrol 70,83 yang telah diperoleh dari nilai keseluruhan siswa. Berarti dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang sangat signifikan antara hasil belajar siswa kelas kontrol dan hasil belajar siswa kelas eksperimen.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran Modeling The Way, Pendidikan Agama Islam, kelas eksperimen. |
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 08 Jun 2016 04:02 |
Last Modified: | 08 Jun 2016 04:02 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/663 |
Actions (login required)
View Item |