HUBUNGAN KECEMASAN DENGAN MOTIVASI MENGHAFAL JUZ ‘AMMA DI MTs PARADIGMA PALEMBANG

SyAFUTRI, DELSIE IIN (2020) HUBUNGAN KECEMASAN DENGAN MOTIVASI MENGHAFAL JUZ ‘AMMA DI MTs PARADIGMA PALEMBANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGRI RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (69kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini berdasarkan pertimbangan atas keadaan siswa yang merasa cemas dan takut saat menghafal Juz A’mma. Siswa sering mengalami keadaan perasaan, dimana ia merasa lemah sehingga tidak berani dan mampu untuk bersikap dan bertindak secara akal sehat sesuai dengan yang seharusnya sehingga siswa harus diberikan motivasi agar mereka mampu menghafal tanpa diiringi perasaan cemas. Cemas merupakan suatu keadaan perasaan, dimana individu merasa lemah sehingga tidak berani dan mampu untuk bersikap dan bertindak secara akal sehat sesuai dengan yang seharusnya. Dengan kondisi tersebut maka kecemasan dapat berpengaruh pada motivasi menghafal Juz ‘Amma siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecemasan dengan motivasi menghafal Juz ‘Amma di MTs Paradigma Palembang. Adapun masalah yang dibahas dalam penelitian ini yaitu adakah hubungan kecemasan dengan motivasi menghafal Juz ‘Amma di MTs Paradigma Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Jenis Penelitian ini adalah korelasional yaitu sesuatu penelitian yang ditujukan untuk mengetahui hubungan suatu variabel dengan variabel - variabel lain. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi dan skala likert, sampel yang digunakan adalah kelas IX (Sembilan) yang berjumlah 49 orang siswa MTs Paradigma Palembang. Teknik analisis data yang digunakan adalah rumus statistik product moment. Hasil Analisa data dengan menggunakan rumus statistik product moment menyatakan bahwa varibel kecemasan dengan motivasi menghafal Juz ‘Amma memiliki hubungan yang signifikan. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil perhitungan product moment adalah 0,45 dengan taraf signifikan 5 % yaitu 0,288 dan 1 % 0,372. Artinya r hitung lebih besar dari r tabel, jadi kesimpulannya Ha (Hipotesis Alternatif) diterima sedangkan Ho (Hipotesis nol) ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara kecemasan dengan motivasi menghafal Juz ‘Amma di MTs Paradigma Palembang

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: hubungan kecemasan dengan motivasi menghafal Juz ‘Amma di MTs Paradigma Palembang.
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 09 Mar 2020 07:14
Last Modified: 09 Mar 2020 07:14
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6648

Actions (login required)

View Item View Item