APNITA, HENI (2020) STRATEGI GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SOSIAL DI MI AZIZAN PALEMBANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGRI RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
BAB I.pdf Download (441kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (292kB) | Preview |
Abstract
Judul penelitian ini adalah Strategi Guru dalam Pembentukan Karakter Sosial di MI Azizan Palembang. Adapun rumusan masalahnya, yaitu (1) Bagaimana strategi guru dalam membentuk karakter bersahabat/komunikatif di MI Azizan Palembang? (2) Bagaimana strategi guru dalam membentuk karakter peduli sosial di MI Azizan Palembang? (3) Apa faktor pendukung dan penghambat guru dalam pembentukan kedua karakter tersebut di MI Azizan Palembang? Untuk mengetahui hal tersebut maka peneliti melakukan penelitian di MI Azizan Palembang. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah pembentukan karakter bersahabat/komunikatif dan peduli sosial. Informannya adalah Kepala Sekolah, Guru dan siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan model interaktif terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Strategi guru dalam pembentukan karakter bersahabat/komunikatif sendiri di MI Azizan Palembang dilakukan dengan pembiasaan dan terintegrasi pada mata pelajaran. Bentuk pembiasaan yang diterapkan di MI Azizan Palembang untuk membentuk karakter bersahabat/komunikatif juga dilakukan melalui program rutin setiap hari Sabtu yaitu kerja bakti. (2) Strategi yang digunakan guru dalam pembentukan karakter peduli sosial di MI Azizan Palembang yaitu melalui pembiasaan, di mana anakanak dibiasakan untuk peduli terhadap sekitar dimulai dari hal-hal kecil seperti meminjamkan pena, berbagi makanan, menjenguk yang sakit, sampai memberikan bantuan kepada korban bencana. Bentuk pembiasaan lain dalam membentuk karakter peduli sosial di MI Azizan Palembang yakni melalui program rutin Jum’at Ceria yang salah satu kegiatannya adalah berinfaq. (3) Faktor pendukung guru dalam menerapkan strategi pembentukan karakter yaitu adanya faktor internal atau faktor dari dalam dan faktor eksternal atau faktor dari luar. Faktor internal tersebut yaitu adanya niat dan kemauan guru-guru untuk menbentuk karakter peserta didiknya menjadi baik dan niat dari peserta didik itu untuk berubah menjadi lebih baik, sedangkan faktor eksternalnya yakni adanya Persatuan Orang tua Murid dan Guru (POMG) yang menghubungkan antara guru dan orang tua murid. Faktor penghambat terdapat faktor dari luar (eksternal) dan dari dalam (internal). Faktor dari luar itu yakni kurangnya kepercayaan orangtua dikarenakan belum mengertinya mengenai pendidikan karakter itu sendiri. Faktor dari dalamnya itu sendiri terdapat pada pribadi siswanya sendiri yang belum terbiasa dengan program yang dijalani serta kemauan yang berbeda mereka sehingga ada yang bisa dan tidak bisa menerima pembelajaran yang diajarkan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | strategi guru bersahabat/komunikatif peduli sosial |
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | fakultas tarbiyah dan keguruan |
Date Deposited: | 11 Mar 2020 01:04 |
Last Modified: | 11 Mar 2020 01:04 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6661 |
Actions (login required)
View Item |