PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JURISPRUDENTIAL INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMP NEGERI 2 KECAMATAN SANGA DESA KABUPATEN MUSI BANYUASIN

ANITA, ANITA (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JURISPRUDENTIAL INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMP NEGERI 2 KECAMATAN SANGA DESA KABUPATEN MUSI BANYUASIN. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
B. BAB I.pdf

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text
F. BAB V.pdf

Download (199kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar peserta didik yang rendah disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya adalah cara guru dalam mengajar yang akan mempengaruhi gairah belajar peserta didik dan juga akan berpengaruh pada hasil belajar yang didapat peserta didik. Riset ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik pada kelas kontrol yang tidak menerapkan model pembelajaran Jurisprudential Inquiry, untuk mengetahui hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen yang diterapkan model pembelajaran Jurisprudential Inquiry, dan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Jurisprudential Inquiry antara kelas kontrol dan eksperimen dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik Kelas VII pada Mata Pelajaran PAI di SMP Negeri 2 Kecamatan Sanga Desa Kabupaten Musi Banyuasin Riset ini ialah riset kuantitatif. Jumlah sampel dalam riset ini sebanyak 66 reponden. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode pengamatan, dokumentasi dan tes. Data penelitian yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kuantitatif dengan menggunakan rumus t-test. Hasil riset ini menunjukkan bahwa adanya perbedaan yang signifikan hasil belajar peserta didik kelas eksperimen yang diterapkan model pembelajaran Jurisprudential Inquiry dengan peserta didik kelas kontrol atau yang tidak diterapkan model pembelajaran Jurisprudential Inquiry di SMP Negeri 2 Kec. Sanga Desa Kab. Musi Banyuasin. Hal ini terlihat dari hasil uji t yang hasilnya adalah thitung > ttabel. Dimana pada uji thitung diperoleh hasil 8,330 adalah lebih besar dari pada ttabel baik pada taraf 5% yaitu 2,387dan pada taraf 1% yaitu 2,654 (2,387 < 8,330 > 2,654). Ini berarti hipotesis Ha diterima dan hipotesis Ho ditolak. Jadi berdasarkan hasil riset dapat dipahami bahwa penerapan model pembelajaran Jurisprudential Inquiry dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SMP Negeri 2 Kecamatan Sanga Desa Kabupaten Musi Banyuasin memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran Jurisprudential Inquiry
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 11 Mar 2020 01:07
Last Modified: 11 Mar 2020 01:07
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6686

Actions (login required)

View Item View Item