PENGARUH ICE BREAKING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS VII MATA PELAJARAN PAI DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DAARUL AITAM PALEMBANG

SETIAWAN, HENDI (2020) PENGARUH ICE BREAKING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS VII MATA PELAJARAN PAI DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DAARUL AITAM PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (705kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (294kB) | Preview

Abstract

Adanya permasalahan yang sering terjadi dalam proses pembelajaran seperti siswa merasa jenuh dan bosan dalam belajar sehingga membuat siswa kurang bergairah dalam belajar, hal ini berdampak pada kurangnya minat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi hal tersebut dengan menggunakan ice breaking yang disisipkan dalam proses pembelajaran, serta untuk mengetahui minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI dan apakah ada pengaruh ice breaking terhadap minat belajar siswa kelas VII mata pelajaran PAI di SMP Daarul Aitam Palembang. Dalam penelitian ini peneliti mengunakan jenis penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan penelitiam populasi. Adapun sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 64 responden dengan menggunakan teknik purposif sampling. Adapun teknik pengumpulan data dengan observasi, angket dan dokumentasi. Selanjutnya untuk analisis data mengunakan rumus statistik uji “t” atau test “t”. Hasil penelitian ini untuk mengungkapkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara ice breaking terhadap minat belajar siswa kelas VII di SMP Daarul Aitam Palembang. Hasil dari penelitian ini memperoleh bahwa minat belajar siswa kelas eksperimen pada kategori tinggi berjumlah 7 siswa dengan persentase 21,88% dan pada kategori sedang berjumlah 19 siswa dengan persentasi 59,37%, sedangkan pada kategori rendah sebanyak 6 siswa dengan persentase 18,75%, dan minat belajar siswa pada kelas kontrol kategori tinggi sebanyak 9 siswa dengan persentase 28 %, dan pada kategori sedang sebanyak 18 siswa dengan persentase 57%, sedangkan kategori rendah sebanyak 5 siswa dengan persentase 15%. Ada pengaruh ice breaking terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Daarul Aitam Palembang dapat dilihat dari nilai uji-t memperlihatkan thitung lebih besar dibandingkan ttabel ialah thitung = 2,85 sedangkan ttabel = 2,00 dengan α = 5% sehingga hasil uji-t menyatakan bahwa hipotesis alternatif diterima sedangkan Ho ditolak. artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara Pengaruh ice breaking terhadap minat belajar siswa kelas VII di SMP Daarul Aitam Palembang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: teknik purposif samplingice breaking terhadap minat belajar
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 13 Mar 2020 04:14
Last Modified: 13 Mar 2020 04:14
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6703

Actions (login required)

View Item View Item