PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARCS (ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, SATISFACTION) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VIII di MTs NEGERI 1 PALEMBANG

MAISARI, MAISARI (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARCS (ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, SATISFACTION) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VIII di MTs NEGERI 1 PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (68kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh motivasi belajar siswa. Karena tanpa adanya motivasi dalam suatu proses pembelajaran maka tidak akan terjadinya proses pembelajaran yang sesungguhnya. Di dalam suatu pembelajaran perlu adanya faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa yaitu dengan cara menggunakan model pembelajaran. Dalam hal ini dibutuhkan model pembelajaran yang cocok dengan pembelajaran siswa di kelas. model pembelajaran yang dirasa cocok untuk digunakan di MTs Negeri 1 Palembang dalam pembelajaran akidah akhlak adalah model pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction). Batasan penelitian ini adalah Bagaimana Penerapan Model Pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak bahasan materi adab kepada orang tua di MTs Negeri 1 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 82 reponden. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi dan angket. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriftif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan motivasi belajar siswa kelas eksperimen yang diterapkan model pembelajaran ARCS (Attention, Relevance,Confiddence, Satisfaction) dengan siswa kelas kontrol atau yang tidak diterapkan model pembelajaran ARCS (Attention, Relevance,Confiddence, Satisfaction) di MTs Negeri 1 palembang. Hal ini terlihat dari hasil uji t yang hasilnya adalah thitung > ttabel. Dimana pada uji thitung mendapat hasil 5,80 adalah lebih besar dari pada ttabel baik pada taraf 5% yaitu 1,99 dan pada taraf 1% yaitu 2,64 (1,99 < 5,80 > 2,64). Ini berarti hipotesis Ha diterima dan hipotesis Ho ditolak. Maka modle pembelajaran ARCS (Attention, Relevance,Confiddence, Satisfaction) terhadap motivasi belajar siswa di MTs Negeri 1 Palembang pada taraf signifikan 5% maupun pada taraf signifikan 1% tergolong signifikan. Jadi berdasarkan hasil penelitian dapat dipahami bahwa penerapan model pembelajaran ARCS (Attention, Relevance,Confiddence, Satisfaction) dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTs Negeri 1 Palembang memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran ARCS Motivasi Belajar MTs Negeri 1 Palembang.
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 13 Mar 2020 04:16
Last Modified: 13 Mar 2020 04:16
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6709

Actions (login required)

View Item View Item