PERAN PEREMPUAN DALAM PEWARISANTRADISI KITAB KUNING PADA MADRASAH PERTI DI MINANGKABAU PASCA KEMERDEKAAN

Erman, Erman (2020) PERAN PEREMPUAN DALAM PEWARISANTRADISI KITAB KUNING PADA MADRASAH PERTI DI MINANGKABAU PASCA KEMERDEKAAN. Doctoral thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (621kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK “Peran Perempuan Dalam PewarisanTradisi Kitab Kuning Pada Madrasah Perti di Minangkabau Pasca Kemerdekaan” adalah sebuah penelitian ilmiah tentang realitas sosial yang mulai berempati terhadap peran perempuan dalam konstruksi sejarah keilmuan Islam tradisional. Madrasah Tarbiyah Islamiyah (MTI) Candung dan Madrasah Tarbiyah Islamiyah (MTI) Pasir adalah dua Madrasah Perti yang telah mengakomodasi peran perempuan sejak permulaan abad ke-20 sehingga mereka memperoleh kesempatan yang lebih luas dalam sejarah pewarisan tradisi kitab kuning di Minangkabau Pasca Kemerdekaan. Permasalahan penelitian ini adalah “Mengapa Perempuan Berperan Dalam Pewarisan Tradisi Kitab Kuning Pada Madrasah Perti di Minangkabau, Padahal Kitab-Kitab itu Kurang Ramah Terhadap Hak-Hak Mereka?”. Penelitian ini memilik itu tujuan untuk membahas struktur dan pewarisan tradisi kitab kuning pada Madrasah Perti di Minangkabau, Pertumbuhan peran perempuan dalam pewarisan tradisi kitab kuning dan reproduksi peran perempuan dalam pewarisan tradisi kitab kuning. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan sejarah analitis dalam menggambarkan peristiwa dengan menggunakan konsep dan teori ilmu sosial. Penelitian ini diawali oleh proses heruistik untuk mengumpulkan informasi berasal dari pelaku dan saksi sejarah, arsip, dokumen, buku dan jurnal. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data diawali dengan verifikasi (kritik sumber) di sepanjang berlangsungnya penelitian untuk memperoleh otensitas dan kredibilitas informasi yang memuat fakta-fakta sejarah. Analisis data dilanjutkan dengan dengan proses sintesis (klasifikasi/reduksi) dan merangkainya dalam kategori tertentu (display data). Pemaknaan fakta-fakta sejarah dalam penelitian ini dilakukan dengan interpretasi dan menghubungankan suatu fakta dengan fakta sejarah yang lain. Proses terakhir adalah historiografi untuk menyusun kisah sejarah secara diakronis dan sistematis. Hasil penelitian ini berhasil untuk mengungkap beberapa temuan penting. Pertama, struktur dan pewarisan tradisi kitab kuning pada Madrasah Perti di Minangkabau dibangun dari unsur-unsur utama yang terdiri dari dari ulama, murid, kitab kuning dan madrasah. Kitab kuning adalah sumber pengetahuan keagamaan dan nilai-nilai universal yang pewarisannya untuk membentuk karakter keilmuan dan mewujudkan generasi yang Tafaqquh fī al-Dīn. Kedua, pertumbuhan peran perempuan diawali oleh sikap terbuka dan toleran dari Ulama Perti terhadap persamaan laki-laki dan perempuan dalam bidang pendidikan sejak permulaan abad ke-20 sehingga lahir perempuan yang konsisten melakukan pewarisan tradisi kitab kuning. Jumlah mereka selalu mengalami peningkatan pasca kemerdekaan hingga masa sekarang. Ketiga, reproduksi peran perempuan terus berkembang dalam pewarisan tradisi kitab kuning. Mereka, di samping guru, adalah pembimbing halaqah, pengembangan Human Resources dan pemelihara paham Ahlu al-Sunnah wa al-Jamā’ah di Minangkabau.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Additional Information: PRODI (S3) PI TH. 2020
Subjects: ?? CB ??
Depositing User: PPS Pasca Sarjana
Date Deposited: 17 Jun 2020 03:56
Last Modified: 22 May 2023 05:57
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/7031

Actions (login required)

View Item View Item